Menjajal ASUS ROG Phone 5s Buat Main PUBG Mobile, Gimana Rasanya?
ASUS ROG Phone 5s/TECHNOSIGHTZ

Gadget

Menjajal ASUS ROG Phone 5s Buat Main PUBG Mobile, Gimana Rasanya?

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Belum lama ini kami mendapat kesempatan untuk menjajal smartphone gaming terbaru ASUS yang tak lain dan tak bukan adalah ROG Phone 5s. Unit yang coba merupakan varian menengah, yakni ROG Phone 5s dengan RAM 128GB dan ROM 256GB yang dibanderol Rp14.999.999.

Ketika pertama kali memegang perangkat ini, desain dan kualitas materialnya terasa kokoh yang semakin menegaskan statusnya sebagai smartphone gaming. Jika melihat spesifikasinya, sudah tentu smartphone ini ditanamkan jeroan monster yang membuatnya mampu melahap berbagai game yang membutuhkan spesifikasi tinggi agar permainan berjalan mulus.

Lalu, seperti apa rasanya bermain game PUBG Mobile menggunakan ROG Phone 5s? Berikut ulasan singkat kami.

Desain

Seperti disebutkan di atas, ROG Phone 5s memiliki desain yang kokoh, rapat, dan terasa lebih berat dibanding smartphone pada umumnya. Di atas kertas, ROG Phone 5s tertulis memiliki bobot 238 gram.

Layar ROG Phone 5s sebesar 6,78 inci yang terlihat sedikit lebih panjang dan lebar dibanding smartphone pada umumnya. Namun desain ini terasa sangat membantu ketika bermain game. Kami tak menemukan kendala ketika mencoba memainkan PUBG Mobile di smartphone ini dari sisi desain. Tak ada sisi yang terasa mengganggu, justru malah terdapat fitur yang membuat bermain game di perangkat ini layaknya mengendalikan dari sebuah joystick.

Dari sisi konektivitas, ada slot charger baterai dan audio jack di bagian bawah. Sedangkan di bagian samping kanan, terdapat tombol power, volume, dan fitur AirTriggers. Fitur ini akan dibahas lebih lanjut di bagian bawah artikel ini. Nah, sedangkan di bagian samping kiri, kamu bisa menemukan penutup karet yang di dalamnya terdapat slot untuk menempelkan aksesoris RO AeroActive Cooler. Di aksesoris RO AeroActive juga disediakan audio jack sehingga pengguna tak perlu menyambungkan kabel earphone dari bagian bawah smartphone ketika sedang memainkan game dalam posisi horizontal.

Oh ya, selain slot untuk aksesoris RO AeroActive Cooler, di bagian kiri ini juga ada slot isi ulang daya baterai. Penempatan tambahan slot charger di samping kiri ini cukup membantu karena jari pengguna tak perlu terganggu kabel charger ketika sedang bermain game sambil mengisi ulang daya baterai.

Display

ROG Phone 5s menggunakan layar 6,78 inci Samsung E4 AMOLED 144 Hz/1 ms dengan resolusi 2448x1080 pixel yang dilengkapi Corning Gorilla Glass Victus.

Saat mencoba memainkan PUBG Mobile, layar ini bisa memvisualisasikan dengan sangat baik tampilan game sehingga pengalaman game terasa maksimal. Akurasi warna yang ditampilkan cukup memanjakan mata dengan dukungan HDR10 dan HDR10+.

Performa

Seri ROG Phone 5s secara spesifikasi dibekali prosesor Snapdragon 888 Plus 5G dan GPU Qualcomm Adreno 660 dengan sistem operasi Android 11 with ROG UI. Sedangkan opsi RAM/ROM yang bisa dipilih ada tiga yakni 8GB/128GB, 128GB/256GB, dan 18GB/512GB. Sementara kapasitas baterainya sebesar 6000 mAh.

Pada sesi hands on kali ini, kami tak sempat menguji performanya secara detail. Yang bisa kami simpulkan, spesifikasi monster tersebut sudah sangat cukup untuk memainkan game PUBG Mobile tanpa lag dan jalannya permainan terasa begitu mulus. Adanya WiFi 6E multi-gigabit juga membuat permainan lebih stabil.

Adapun sistem pendingin GameCool 5 pada seri Rog Phone 5s memiliki struktur termal yang menampilkan CPU terpusat dengan baterai yang terbagi menjadi dua bagian, satu terletak di setiap sisi CPU. Ini memastikan bahwa panas yang dihasilkan oleh CPU ditransfer ke semua tepi dan sudut sasis secara bersamaan untuk efisiensi termal yang baik.

Ruang uap 3D yang dibentuk ulang dan lembaran grafit yang luas juga membantu menyebarkan panas secara merata ke seluruh perangkat untuk mengurangi penumpukan panas di tengah. AeroActive Cooler 5 memasukkan dan mengeluarkan udara langsung ke bagian tengah perangkat untuk menurunkan suhu CPU.

Fitur

ROG Phone 5s memiliki beberapa fitur yang membuatnya terasa layaknya menggenggam joystick. Fitur pertama yang merepresentasikan hal tersebut adalah kehadiran fitur Air Triggers.

Fungsi AirTriggers ini layaknya tombol L1/R1 di joystick. Saat mencoba fitur ini di game PUBG Mobile, aktivitas menembak menjadi lebih mudah karena tak perlu menekan tombol di layar. Jadi, jempol di layar bisa benar-benar fokus mengarahkan bidikan atau pandangan. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa melakukan swipe ke kanan dari arah kiri pada posisi horizontal dan pilih AirTriggers.

Fitur kedua yakni adanya sensor sentuh di bagian belakang yang bisa berfungsi layaknya tombol L2/R2. Penggunaan fitur ini lebih oke ketika dipadukan dengan aksesoris AeroActive Cooler 5 karena tombol di belakang aksesoris tersebut membuat penggunaan sensor menjadi lebih presisi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Xbox Series X dan S

Sedangkan pilihan fitur lainnya bisa dilihat pengguna di Armory Crate yang memiliki beragam mode yang bisa dioptimalkan tergantung kondisi.

Sebagai tambahan, sistem audio yang didukung GameFX pada ROG Phone 5s benar-benar menghasilkan suara yang jernih. Suara tembakan dan detail-detail seperti suara langkah terdengar cukup jelas di perangkat ini sehingga pengalaman bermain game makin terasa optimal. Oh ya, smartphone ini juga sudah dilengkapi fitur NFC.

Kamera

Meski ini smartphone gaming, tak ada salahnya melihat hasil gambar dari jepretan kamera ROG Phone 5s. Hasilnya pun tak mengecewakan. Kami sempat menjepret gambar baik di dalam dan luar ruangan. Berikut hasil gambarnya.

Sebagai informasi, ROG Phone 5s dibekali kamera depan 24MP dan kamera belakang 64MP (main camera Sony IMX686)+13MP (125° ultrawide-angle camera)+5MP (Macro).

Ikuti kami di