Review Fujitsu Lifebook U9311, Performa hingga Fitur Palm Secure
Fujitsu Lifebook U9311/TECHNOSIGHTZ

Gadget

Review Fujitsu Lifebook U9311, Performa hingga Fitur Palm Secure

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Ketika pihak Fujitsu mengklaim laptop Lifebook U9311 memiliki fitur pemindai pembuluh darah vena sebagai salah satu fitur keamanannya, hal tersebut langsung menarik perhatian kami. Hal ini karena sistem pengamanan yang lazim digunakan saat ini biasanya menggunakan face recognition, sidik jari, atau password.

Ternyata, fitur menarik yang ditanamkan pada Lifebook U9311 tak hanya itu. Fujitsu Lifebook U9311 ini memang didesain sebagai laptop bisnis yang dibekali berbagai fitur mumpuni guna menunjang kinerja dan produktivitas. Spesifikasi yang dibenamkan pada laptop ini juga bukan kaleng-kaleng.

Sedangkan dari sisi desain dan kepraktisan, pengguna bisa langsung merasakan nilai lebih perangkat ini ketika memegangnya langsung. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ulasan lengkap kami setelah mencoba menggunakan laptop ini selama kurang lebih dua pekan.

Desain

Dari sisi desain, secara awam mungkin tidak akan menyangka jika ini adalah laptop kelas premium. Unit tes yang kami coba cukup sederhana dari sisi desain yakni warna hitam polos dengan logo Infinity di belakang layar dan logo Fujitsu di bawah layar. Rasa premium dari laptop ini mulai terasa saat menenteng bobotnya yang hanya 885 gram. Jika dimasukkan ke dalam tas, tak terasa seperti sedang membawa laptop, mungkin lebih mirip seperti membawa tablet.

Bobot yang ringan ini juga didukung ukuran layarnya sebesar 13,3 inci dan ketebalan yang hanya 15,5 mm saja sehingga membuat perangkat ini sebagai laptop premium dengan ukuran yang sangat kompak.

Dari sisi buid quality, Lifebook U9311 ini terasa sangat kokoh hingga ke sudut-sudutnya. Material laptop ini sendiri berasal dari magnesium. Kualitas tuts keyboardnya juga sangat nyaman digunakan karena benar-benar empuk. Pengguna bakal langsung merasakan perbedaannya ketika mencoba mengetik di papan keyboard ini. Untuk detail lainnya, bagian bawah laptop ini sudah dibekali dua grip karet sehingga tak akan mudah bergeser ketika diletakkan di atas permukaan tertentu.

Oh ya, hal menarik lainnya dari sisi desain adalah layarnya yang bisa dibuka hingga 180 derajat. Selain itu, Fujitsu juga mengklaim Lifebook U9311 ini tahan banting hingga hampir 80 cm dan mampu bertahan dengan berat hingga 200 kg yang dibuktikan dengan adanya sertifikat MIL-STD 810H.

Layar

Setelah mengamati bagian desain, bagian layar menjadi area pembahasan berikutnya. Seperti disebutkan di atas, Lifebook U9311 menggunakan layar 13,3 inci dengan desain bezel yang cukup ramping. Meski begitu, kualitas layarnya tak bisa dipandang sebelah mata.

Lifebook U9311 memiliki permukaan anti-glare yang membuat layarnya lebih mudah terbaca saat berada di luar ruangan yang sering terpapar cahaya. Sedangkan rinciannya spesifikasi layarnya menggunakan LED backlight Full HD dengan resolusi 1920x1080 piksel dan refresh rate 60 hz.

Satu hal menarik lainnya dari sisi layar yakni Fujitsu sudah membekali layar sentuh pada Lifebook U9311. Hal ini tentu semakin memudahkan pengoperasian ketika digunakan saat bekerja, karena penggunanya bisa melakukan scroll maupun tap layaknya smartphone.

Performa

Fujitsu tak main-main ketika menanamkan jeroan pada laptop premium ini. Hal ini sangat terasa ketika digunakan bekerja, mulai dari mengedit foto, video, hingga membuka banyak tab sekaligus ketika sedang browsing.

Unit tes Lifebook U9311 yang kami coba menggunakan prosesor Intel Core i7 Generasi ke-11 yang didukung RAM 16GB dan SSD 1TB. Sistem operasinya sudah ditanamkan Windows 11 Pro 64-bit yang mendukung DirectX 12. Bicara soal grafis, Fujitsu menanamkan kartu grafis Intel Iris Xe Graphics yang memang ditujukan untuk konten kreator maupun gamers.

Intel sendiri mengklaim kartu grafis ini bisa mendukung pekerjaan konten kreator ketika mengolah file berkualitas 4K hingga menyajikan pengalaman gaming yang lebih imersif dengan resolusi hingga 1080p 60FPS.

Guna mendukung kinerja tersebut, Lifebook U9311 turut dibekali Lithium polymer battery 4-cell 50Wh yang punya fitur fast charge hingga 80 persen dalam 1 jam. Dari percobaan ketika digunakan untuk bekerja, performa baterai ini cukup awet untuk melakukan multi-tasking di berbagai aplikasi kantoran.

Fitur

Nah, ini merupakan salah satu bagian yang paling menarik dibahas dari Lifebook U9311. Fujitsu menghadirkan segudang fitur pada produk premiumnya ini. Seperti disebutkan di atas, fitur utama yang paling menarik perhatian yakni kehadiran Palm Secure yang memindai pembuluh darah vena pengguna.

Sensor Palm Secure ini terletak di bagian kanan bawah keyboard. Sensor tersebut memindai vena yang terdapat di telapak tangan kanan dan kiri. Ketika menyetel fitur ini, pengguna harus terlebih dahulu memindai telapak tangan kanan dan kirinya untuk direkam. Selanjutnya, untuk memilih sign in menggunakan fitur ini, bisa memilih ikon telapak tangan. Setelahnya pengguna cukup menaruh telapak tangan di atas sensor tersebut (tidak menempel) dan layar yang terkunci akan terbuka.

Ketika sensor memindai telapak tangan, normalnya terdapat animasi di pojok kiri layar yang berisi instruksi ke arah mana pengguna mengarahkan tangannya, apakah sedikit ke kiri, geser sedikit ke atas, atau angkat sedikit tangannya dari atas sensor. Instruksi ini juga terdapat dalam bentuk kalimat di layar, misalnya seperti move your hand forward.

Namun menurut catatan kami yang berulang kali menjajal fitur ini, terkadang instruksi dalam bentuk animasi tangan tidak muncul di pojok kiri. Instruksi yang pasti muncul adalah yang dalam bentuk kalimat di layar. Bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan fitur ini, mungkin agak bingung dan menebak-nebak apakah sensornya bekerja atau tidak karena tidak muncul animasi tangan di kiri atas layar.

Menurut catatan kami, sensor tersebut tetap bekerja meski tak ada animasi tangan di kiri atas layar. Ini dibuktikan dari kalimat instruksi di layar yang terus berubah dinamis guna mengarahkan pengguna memposisikan tangannya di spot yang tepat. Sebagai informasi, selain pemindaian telapak tangan, fitur keamanan lain yang disediakan untuk membuka kunci layar laptop seperti PIN, smart card, dan face recogition yang menggunakan Windows Hello.

Baca juga: Fujitsu Perkenalkan Scanner fi-800R, Karakter Hasil Pemindaian Bisa Terketik Sendiri

Lalu, ada fitur apa lagi? Menurut kami, ini fitur yang sederhana namun sangat membantu. Touchpad pada Lifebook U9311 dibagi dua untuk klik kanan dan klik kiri. Bagi yang tak menggunakan mouse, ini sangat membantu ketika ingin klik kanan.

Pada touchpad yang tombol klik kanan dan kirinya menyatu, terkadang terjadi salah klik. Misalnya maksud hati ingin klik kanan, tapi justru malah klik kiri karena saat ditekan tak sadar posisinya berada di tengah dan cenderung ke kiri. Dengan pemisahan ini, bisa meminimalisir terjadinya salah klik tersebut.

Berikutnya, ada juga shutter fisik pada bagian webcam. Ukuran shutter ini cukup mungil dan bisa saja luput dari perhatian jika hanya melihat sekilas. Shutter ini juga sangat membantu, karena pengguna tak perlu lagi membeli alat penutup tambahan ketika ingin menutup kamera. Bagaimana dengan kualitas kamera webcamnya? Menurut kami masih tergolong standar.

Konektivitas

Jika melihat bagian kanan dan kiri laptop ini, kamu akan menemukan begitu banyak port yang ditanamkan Fujitsu. Di bagian kiri, ada dua port USB-C dengan standar Thunderbolt 4, USB-A 3.2, port HDMI, audio jack, dan slot untuk smart card.

Di bagian kanan, ada port LAN, USB-A 3.2, dan slot kartu SD. Dengan port selengkap ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan dan tak perlu bergantian menggunakan satu port karena opsinya yang beragam dan bisa disesuaikan kebutuhan.

Kesimpulan

Sebagai laptop premium yang menyasar segmen bisnis, Fujitsu Lifebook U9311 yang spesifikasinya seperti unit yang kami uji dibanderol Rp28.999.000. Investasi yang mungkin relatif tinggi untuk membeli sebuah laptop.

Namun semua itu sepadan dengan kemampuan yang ditawarkan laptop ini pada penggunanya. Menurut penilaian kami, dengan spesifikasi tinggi, fitur berlimpah, bobot yang sangat ringan, dan lengkapnya deretan port konektivitas, Fujitsu Lifebook U9311 merupakan laptop bisnis yang patut dipertimbangkan. Apalagi bagi pengguna yang sangat mementingkan keamanan proteksi data.

Sebagai informasi, Lifebook U9311 masih diimpor utuh dari Jepang, negara asal Fujitsu. Hal ini juga yang menyebabkan harganya di Indonesia masih cukup tinggi bagi sebagian orang. Namun sekali lagi, apa yang ditawaran laptop ini sangat sepadan dengan biaya investasi yang dikeluarkan pengguna.

Ikuti kami di