Apa Bedanya Lisensi Windows 10 Harga Rp100 Ribuan dan Rp2 Jutaan?
Ilustrasi Windows 10/sumber gambar: MSPoweruser

Teknologi

Apa Bedanya Lisensi Windows 10 Harga Rp100 Ribuan dan Rp2 Jutaan?

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Bagi pengguna Windows, sebagian besar pasti mengetahui bahwa sistem operasi ini harus diaktifkan dulu dengan product license dari Microsoft agar bisa menikmati seluruh fitur lengkapnya. Harga resmi yang dipatok Microsoft relatif cukup mahal, namun ada juga pihak lain yang menjual product license ini seharga Rp100 ribuan.

Sebagai perbandingan, Microsoft membanderol product license Windows 10 mulai dari Rp2 jutaan hingga Rp4 jutaan di situs resminya. Tergantung pengguna ingin product license Windows 10 Home atau Windows 10 Pro. Lalu, apakah product license Windows 10 yang dijual seharga Rp100 ribuan itu palsu?

Sebelum membahas hal tersebut, pertama perlu diketahui bahwa ada tiga lisensi Windows yang dijual oleh Microsoft. Berikut penjelasannya.

Windows retail atau full package product

Ini merupakan lisensi ritel yang dikeluarkan Microsoft dan bisa dibeli dalam bentuk produk fisik seperti DVD atau secara online lewat situs resmi Microsoft. Jika membeli secara online, maka pengguna hanya mendapat product key-nya saja.

Kelebihan lisensi ini adalah bisa dipindah-pindahkan ke PC lain hingga bisa menghubungi customer service Microsoft jika mengalami masalah. Kekurangan lisensi ini yakni harganya yang relatif mahal, yakni berkisar Rp2 jutaan hingga Rp4 jutaan.

OEM

Lisensi OEM atau Original Equipment Manufacture merupakan lisensi yang menempel di suatu perangkat seperti laptop atau desktop branded PC. Misalnya, kamu pasti pernah melihat ada laptop merek tertentu yang sudah membundel perangkatnya dengan Windows 10 yang sudah terinstall di dalamnya.

Kekurangan lisensi ini adalah tak bisa dipindah-pindah ke perangkat lain karena sudah menempel di hardware tersebut. Pengguna juga tak mendapat dukungan dari Microsoft karena lisensi dipegang oleh brand. Jika terjadi sesuatu, pengguna bisa langsung menhubungi pihak brand perangkat tersebut.

Lisensi Volume

Lisensi Volume biasanya diberikan ke pemilik bisnis atau perusahaan yang memiliki perangkat PC sangat banyak. Microsoft menjual lisensi jenis ini ke perusahaan agar bisa dipasang di banyak PC. Berapa banyak perangkat yang bisa diinstall? Itu tergantung kesepakatan antara Microsoft dan perusahaan yang membeli lisensi tersebut.

Baca juga: Melihat Fitur dan Banderol Harga Xbox Wireless Headset

Nah, kembali ke pertanyaan di atas, apakah product license Windows 10 yang dijual seharga Rp100 ribuan itu palsu? Jawabannya lisensi tersebut ori dan memang dikeluarkan oleh Microsoft.

Hanya saja, lisensi tersebut digunakan tak sesuai peruntukan yang ditetapkan oleh Microsoft. Pengguna juga perlu mengetahui bahwa lisensi tersebut bukanlah jenis lisensi ritel. Lisensi tersebut bisa saja lisensi OEM, volume, atau lisensi ritel yang di-crack.

Ikuti kami di