Penjelasan Mengenai SoC Alias Chipset Pada Sebuah Smartphone
System on Chip alias chipset pada sebuah smartphone/IST

Gadget

Penjelasan Mengenai SoC Alias Chipset Pada Sebuah Smartphone

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - SoC merupakan singkatan dari system-on-chip yang menjadi otak utama pada sebuah smartphone. SoC atau biasa disebut chipset, terdiri dari beberapa komponen chip lain.

Beberapa komponen chip lain tersebut seperti CPU atau prosesor, GPU (pengolah grafis), ISP (pengolah gambar dari kamera), video encoder/decoder, NPU yang bertugas mempercepat pembelajaran AI, hingga modem yang berfungsi mengubah sinyal nirkabel menjadi data yang dipahami oleh smartphone.

Jika melihat fungsi di atas, maka bisa disimpulkan bahwa chipset memiliki peran dalam hal mengatur tugas komputasi dan menghubungkan berbagai komponen dalam smartphone. Itu sebabnya chipset apa yang dipakai pada sebuah smartphone kerap menjadi pertimbangan calon konsumen sebelum melakukan pembelian.

Chipset yang digunakan pada sebuah smartphone dibangun dengan memanfaatkan arsitektur ARM tipe Reduced Instruction Set Computer (RISC) yang didesain oleh ARM Holdings. Keunggulan tipe RISC ini yakni bisa memahami instruksi sederhana namun menawarkan performa yang bagus dan hemat daya.

Desain arsitektur ARM ini kemudian dijual ke perusahaan lain dengan cara pembelian lisensi. Beberapa perusahaan yang membeli lisensi desain dari ARM untuk memproduksi chipset seperti Apple, Qualcomm, Kirin, MediaTek, hingga Samsung.

Baca juga: Mau Transfer File dari iCloud ke Google Photos? Cuma Boleh Format Ini

Sebagai informasi, lisensi yang ditawarkan ARM untuk chipset smartphone ada dua. Pada lisensi pertama, chipset yang diproduksi oleh produsen chipset memakai desain prosesor ARM. Ini bisa terlihat jika prosesornya menggunakan nama Cortex dan pada GPU menggunakan nama Mali.

Sedangkan lisensi kedua ditujukan untuk custom-core yang memungkinkan produsen chipset mendesain ulang prosesornya namun tetap kompatibel dengan arsitektur ARM. Produsen chipset yang membeli lisensi kedua tidak menyantumkan nama Cortex dan Mali pada produknya.

Ikuti kami di