Perlukah Refresh Rate Tinggi Pada Layar Sebuah Smartphone?
Game Crossy Road di smartphone Android/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Perlukah Refresh Rate Tinggi Pada Layar Sebuah Smartphone?

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Ketika membaca spesifikasi sebuah smartphone, biasanya tertera berapa besaran refresh rate perangkat tersebut. Lalu, apa itu refresh rate dan apa fungsinya pada sebuah smartphone?

Refresh rate adalah suatu teknologi yang mengukur seberapa sering sebuah gambar pada layar diperbarui (refresh) setiap detiknya dalam satuan Hertz (Hz). Semakin tinggi angka refresh rate, maka semakin halus gambar yang ditampilkan pada layar smartphone.

Sebagai contoh, refresh rate 120 Hz artinya gambar pada layar diperbarui 120 kali setiap detiknya. Demikian juga pada refresh rate 90 Hz atau 60 Hz, artinya gambar tersebut diperbarui 90 kali atau 60 kali per detik. Gambar yang dihasilkan pada smartphone dengan refresh rate 120 Hz tentu lebih halus dan mulus dibandingkan smartphone dengan refresh rate 90 Hz atau 60 Hz.

Meski gambar yang dihasilkan lebih bagus, kekurangan layar dengan refresh rate tinggi adalah daya baterai yang dikonsumsi lebih besar. Itu sebabnya beberapa produsen smartphone menghadirkan pengaturan refresh rate agar pengguna bisa beralih dari refresh rate paling tinggi ke standar. Misalnya dari 120 Hz ke 90 Hz atau 60 Hz.

Baca juga: Cara Menggunakan Kamera Mirrorless Panasonic Sebagai Webcam untuk Video Call

Lalu, apakah angka refresh rate ini cukup penting bagi pengguna smartphone? Jawabannya tergantung kebutuhan. Jika pengguna memakainya untuk bermain game dengan spesifikasi yang lumayan berat, maka smartphone dengan refresh rate 120 Hz akan sangat membantu mendukung aktivitas tersebut.

Namun jika smartphone hanya digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti mengirim pesan, menonton video, atau membantu rutinitas pekerjaan yang tak membutuhkan grafis berat, maka smartphone dengan refresh rate 60 Hz atau 90 Hz sudah bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Ikuti kami di