Xbox Series X/S Kini Mendukung Dolby Vision
Xbox Series X/sumber gambar: TechRadar

Games

Xbox Series X/S Kini Mendukung Dolby Vision

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Xbox Series X/S akhirnya dapat mendukung Dolby Vision setelah melewati fase uji coba pada Mei 2021. Dolby Vision sendiri merupakan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas visual dan audio game untuk pengalaman bermain yang lebih baik.

Dolby Vision HDR disebut dapat menghasilkan tingkat kecerahan, tingkat hitam, dan kedalaman warna yang lebih tinggi dan dalam. Selain itu, Dolby Vision juga memberikan standar HDR yang lebih baik, bahkan lebih dari HDR10.

Namun, karena masih banyak layar yang dapat mendukung kualitas tersebut, kompatibilitas Dolby Vision untuk Xbox Series masih terbatas untuk TV tertentu saja. Namun, Microsoft mencatat sudah banyak TV merek Hisense, LG, Panasonic, Regza, TCL, TPV, Vestel, Vizio, dan Xiaomi model 2020 dan 2021 yang telah mendukung Dolby Vision untuk game.

Microsoft mencatat lebih dari 100 judul game HDR generasi berikutnya yang dioptimalkan untuk Xbox Series X/S kini telah tersedia atau segera hadir dengan Dolby Vision.

Selain itu, ribuan game HDR10 klasik dan HDR Otomatis juga akan mendapat keuntungan dengan adanya Dolby Vision di Xbox Series X/S, yakni peningkatan dari sisi kualitas gambar.

Microsoft bekerja sama secara langsung dengan para pengembang untuk mendukung teknologi ini dan membebaskan mereka untuk memanfaatkan dukungan Dolby Vision untuk game mereka melalui fitur bawaan yang telah disediakan platform Xbox atau menerapkan Dolby Vision secara langsung ke game engine.

Baca juga: Apa Itu Paten Sistem Nemesis yang Sukses Didapatkan Warner Bros?

Dolby Vision juga kompatibel dengan fitur generasi berikutnya yang tersedia di Xbox Series X/S, seperti DirectX Raytracing, automatic low-latency mode (ALLM), Variable Refresh Rate (VRR), dan frame rate hingga 120FPS tergantung pada kemampuan TV.

Untuk memeriksa apakah layar pengguna mendukung Dolby Vision, tekan tombol Xbox untuk membuka panduan. Lalu buka Settings > General > TV & Display Options > 4K TV Details.

Untuk pengalaman Dolby Vision terbaik, sebaiknya gunakan ALLM. Untuk mengaktifkan Dolby Vision, tekan tombol Xbox untuk membuka panduan. Kemudian tekan Settings > General > TV & Display Options > Video Mode > Dolby Vision for Gaming.

Ikuti kami di