YouTube Uji Coba Fitur Download untuk Versi Web
Logo YouTube/sumber gambar: USA Today

Teknologi

YouTube Uji Coba Fitur Download untuk Versi Web

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Google sudah cukup lama menambahkan fitur Download untuk YouTube. Fitur ini bukan berarti pengguna dapat mengunduh video dari YouTube ke perangkat pengguna. Fitur Download hanya memungkinkan pengguna menyimpan video di dalam library akun YouTube agar bisa ditonton secara offline.

Beberapa tahun yang lalu fitur ini hanya tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Kini fitur Download sudah mulai diuji coba untuk YouTube versi web. Artinya, pengguna nantinya juga dapat menonton video YouTube secara offline melalui PC.

Mengutip Android Police, Google menguji coba fitur Download tersebut kepada pelanggan YouTube Premium saja. Jika sudah berlangganan, tombol download akan muncul di bagian bawah video, tepatnya di antara tombol share dan save. Pengguna dapat memilih untuk mengunduh video dalam resolusi dari 144p hingga 1080p.

Tidak seperti versi mobile, YouTube tidak memberikan batasan kapasitas untuk fitur download versi web. Jadi, pengguna dapat mengunduh video lebih banyak.

Baca juga: Kamera Sony Bisa Jadi Webcam Menggunakan Software Ini

Namun menurut pantauan Technosightz, fitur download versi web nampaknya hanya dapat diuji coba oleh pelanggan YouTube premium terpilih saja, karena tombol download belum tersedia untuk seluruh pelanggan premium hingga saat ini.

Uji coba tersebut dikabarkan berakhir pada 19 Oktober 2021 dan belum diketahui jika fitur ini nantinya dapat digunakan oleh seluruh pengguna YouTube atau terbatas untuk pelanggan premium saja seperti saat ini.

Ikuti kami di