Apa Saja Pembaruan dan Fitur Baru di iOS 15?
iOS 15/IST

Teknologi

Apa Saja Pembaruan dan Fitur Baru di iOS 15?

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Selain iPhone 13, iOS 15 juga menjadi salah satu produk Apple yang paling ditunggu-tunggu pengguna. Apple pun merilis iOS 15 bersama sistem operasi perangkat lainnya, seperti iPadOS 15, WatchOS 8, dan tvOS 15.

Tidak lagi mengubah dari sisi tampilan seperti pada iOS 14, Apple lebih banyak membawa pembaruan serta fitur-fitur baru yang mungkin berguna untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Berikut sederet fitur baru dan pembaruan di iOS 15.

FaceTime

Apple telah meningkatkan FaceTime dengan fitur-fitur yang membuat panggilan terasa lebih alami dan hidup, yakni Audio Spasial agar suara terdengar seperti datang langsung dari arah posisi lawan bicara, Isolasi Suara dan mode mikrofon baru yang menggunakan pembelajaran mesin untuk menghilangkan kebisingan latar belakang dan memprioritaskan suara pengguna, dan Wide Spectrum memungkinkan masuknya setiap bit suara latar.

Mode Potret di FaceTime kini dapat mengaburkan latar belakang pengguna seperti bokeh dan menempatkannya pada fokus. Kabar baiknya, mode potret, Wide Spectrum, dan Mode Isolasi juga dapat digunakan dengan aplikasi pihak ketiga, seperti Webex, Zoom , dan WhatsApp.

Focus

Fitur besar yang ditawarkan oleh Apple kali ini disebut Focus. Fitur ini membantu pengguna mengurangi gangguan dengan memfilter notifikasi berdasarkan apa yang ingin difokuskan pengguna pada saat itu.

Fitur ini mirip dengan Mode Fokus yang sudah ada sebelumnya di perangkat Android. Bedanya, Apple memberikan lebih banyak opsi fokus yang dapat disesuaikan oleh kegiatan pengguna, mulai dari bekerja, fitness, bermain game, hingga membaca. Lebih dari itu, pengguna juga bisa mengustom mode fokus yang ingin diaktifkan.

Baca juga: Mau Update OS Jadi Windows 11? Cek Dulu Spesifikasi Minimumnya

Untuk mendukung mode Fokus, pengguna juga dapat membuat halaman Home Screen khusus dengan aplikasi dan widget yang relevan untuk mencocokkan dengan mode Fokus tertentu yang sedang diaktifkan.

Tampilan notifikasi

Apple telah memperbarui tampilan notifikasi iOS 15 dengan menambahkan foto pada notifikasi yang disertakan foto. Ikon-ikon aplikasi yang memberikan notifikasi juga ditampilkan dengan ukuran yang lebih besar agar mudah diidentifikasi oleh pengguna.

Selain itu, terdapat pula ringkasan notifikasi yang memuat kumpulan notifikasi yang dikirimkan setiap hari pada waktu terjadwal yang ditentukan oleh pengguna. Menggunakan on-device intelligence (kecerdasan perangkat), ringkasan disusun berdasarkan prioritas berdasarkan cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi.

Peningkatan Live Text dengan On-Device Intelligence

Masih seputar on-device intelligence, kecerdasan tersebut ternyata dapat memberikan peningkatan pada fitur lainnya, seperti Live Text. Fitur Live Text kini dapat membuat teks dalam foto menjadi lebih interaktif dan setiap kalimat di dalamnya dapat dikenali.

Misalnya, jika terdapat nomor ponsel pada sebuah iklan poster yang difoto pengguna, maka tidak perlu menyalin satu-persatu nomor tersebut. Sebagai gantinya Apple dapat memunculkan beberapa opsi berkat dukungan on-device intelligence yang salah satunya memungkinkan pengguna untuk menelpon langsung dari foto tersebut.

Begitupula jika terdapat alamat website atau kalimat-kalimat lainnya, sistem akan memberikan opsi jika pengguna ingin langsung mengakses dan mencari tahu melalui Safari atau opsi menerjemahkan kalimat-kalimat tertentu yang tertera pada foto. Selain Live Text, on-device intelligence juga turut disematkan pada pencarian Spotlight dan Memories.

Desain ulang Safari

Apple telah mendesain ulang tampilan Safari dengan bilah tab baru diposisikan di bagian bawah layar, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggeser antar tab tanpa memerlukan banyak klik.

Berkolaborasi menggunakan Notes

Apple menambahkan Notes dengan tag yang memudahkan untuk mengategorikan catatan. Fitur mention seperti yang ada pada chat juga dapat diterapkan di Notes kolaborasi dengan cara menuliskan @(nama pengguna lain).

Baca juga: Dua Cara Mudah Ganti Background Safari di MacOS Big Sur

Selain beberapa fitur yang telah disebutkan, Apple juga memberikan beberapa pembaruan lainnya pada fitur-fitur yang sudah ada, seperti kontrol privasi, Siri, Message, Apple Wallet, Apple Maps, dan aplikasi cuaca yang kini telah didesain ulang.

iOS 15 kini sudah dapat diunduh oleh iPhone 6s atau yang lebih baru. Jika belum menerima notifikasi untuk memperbarui perangkat, pengguna dapat memeriksa dan memperbaruinya secara manual melalui settings > general > software update.

Ikuti kami di