Spesifikasi Hingga Harga iPhone 13 Pro dan Pro Max
iPhone 13 Pro Max/IST

Gadget

Spesifikasi Hingga Harga iPhone 13 Pro dan Pro Max

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Seperti seri iPhone sebelumnya, Apple turut menghadirkan versi Pro dan Pro Max pada iPhone 13. Selain beda ukuran, terdapat perbedaan lain mulai dari sisi desain, spesifikasi, dan tentu harganya.

Beberapa hal yang akan dibahas mengenai iPhone 13 Pro dan Pro Max kali ini yakni dari sisi desain, spesifikasi, hingga harganya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Desain

iPhone 13 Pro dan Pro Max sekilas memang memiliki desain dan tampilan yang sama seperti iPhone 13 biasa. Tetapi ternyata Apple memberikan material yang berbeda untuk bodi iPhone 13 Pro dan Pro Max, yakni dengan stainless steel tahan karat

Berbeda dengan iPhone 13 biasa, Apple hanya menyediakan empat pilihan warna untuk iPhone 13 Pro dan Pro Max, yakni deep graphite, gorgeous gold, beautiful silver, dan sierra blue. Adapun varian sierra blue menggunakan material eksklusif dengan beberapa lapisan keramik logam skala nanometer.   

Dari segi body, iPhone 13 Pro dan Pro Max memiliki penampilan matte glass. Sementara soal ukuran, iPhone 13 Pro memiliki ukuran 6,1inci dan iPhone 13 Pro Max berukuran 6,7nci.

Layar

Apple mengklaim layar iPhone 13 Pro dan Pro Max kini lebih kuat dibandingkan smartphone lainnya dengan material ceramic shield front dan sudah dilengkapi IP68 water resistance.

iPhone 13 Pro dan Pro Max sudah didukung super retina XDR display dan tingkat kecerahan lebih tinggi, yakni 25 persen lebih cerah dengan 1.000 nits sehingga ramah digunakan di luar ruangan.

Selain itu, Apple juga membekali iPhone 13 Pro dan Pro Max dengan ProMotion display, dimana layar ponsel menjadi lebih responsif dari 10-120Hz dan sistem dapat menghasilkan frame rates yang sesuai dengan kecepatan gerak jari pengguna, sehingga meminimalisir latensi.

Chip

iPhone 13 Pro dan Pro Max telah menggunakan Chip A15 Bionic yang diklaim paling canggih dibandingkan chip-chip yang ada saat ini. Chip A15 Bionic disebut mampu meningkatkan performa dan efisiensi daya.

Chip A15 Bionic menggunakan teknologi 5nm dengan 15 juta transistor. Untuk versi Pro dan pro Max, Apple menanamkan 6-core CPU yang diklaim 50 persen lebih cepat, serta 5-core GPU 50 persen lebih cepat yang sekaligus dapat menghasilkan visual lebih baik, terutama ketika bermain game.

Kamera

iPhone 13 Pro dan Pro Max dilengkapi 3 jenis kamera, yakni kamera telephoto, ultra wide, dan wide. Kamera Telephoto memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar secara detil, dengan 7mm focal length dan 3x optical zoom.

Kamera Ultra Wide iPhone 13 Pro dan Pro Max dilengkapi dengan f/1.8 aperture, lensa 6 elemen, dan autofocus yang mampu mengambil gambar dengan jarak minimal 2cm dari objek, dan telah ditingkatkan hingga 92% untuk mengambil gambar di tempat minim cahaya. Sementara kamera wide memiliki f/1.5 aperture, 1.9nm pixels, dan peningkatan hingga 2.2x untuk mengambil gambar di tempat minim cahaya.

Dari segi video, iPhone 13 Pro dan Pro Max telah dibekali Dolby Vision HDR recording, macro slow mo dan mode cinematic dengan rack focus yang biasa ditemukan di kamera-kamera profesional. Pengguna bahkan bisa mengatur level bokeh pada mode cinematic tersebut.

Baca juga: Fitur Bluetooth iOS 14.4 Bisa Ingatkan Pengguna Jika Suara Audio Terlalu Kencang

Selain itu, Apple juga mungkinkan pengguna untuk merekam video dengan resolusi 4K di 30fps dengan ProRes, format kompresi video berkualitas tinggi yang baru dikembangkan oleh Apple. Namun, ProRes diketahui lebih ramah digunakan oleh pengguna iPhone 13 Pro atau Pro Max dengan kapasitas penyimpanan di atas 256GB.

Baterai

Berkat chip A15 Bionic dan iOS 15, iPhone 13 Pro dan Pro Max memiliki masa daya yang lebih lama. iPhone 13 Pro dikatakan dapat bertahan 1,5 jam lebih lama dibandingkan iPhone 12 Pro, dan iPhone 13 Pro Max dapat bertahan 2,5 jam lebih lama dibanding iPhone 12 Pro Max.

Harga

iPhone 13 Pro dan Pro Max pastinya dibanderol dengan harga yang lebih mahal karena Apple memberikan lebih banyak kecanggihan untuk versi ini. iPhone 13 Pro 128GB dibanderol seharga Rp14,2 juta, 256GB seharga Rp15,7 juta, 512GB seharga Rp18,5 juta, dan 1TB seharga Rp21,4 juta.

Sementara, iPhone 13 Pro Max 128GB dibanderol seharga Rp15,7 juta, 256GB seharga Rp17,1 juta, 512GB seharga Rp19,9 juta, dan 1TB seharga Rp22,8 juta.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-