Tampil Beda, Ini Wajah Baru dan Harga iPad Mini 6 2021
iPad Mini 6/IST

Gadget

Tampil Beda, Ini Wajah Baru dan Harga iPad Mini 6 2021

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Berbeda dengan pendahulunya, Apple telah mendesain ulang iPad Mini 6 dari segi body hingga bentuk kamera belakang. iPad Mini 6 memiliki border yang lebih kecil, sehingga terlihat lebih full display.

Ujung-ujung iPad Mini juga kini terlihat lebih membulat dibandingkan generasi sebelumnya yang terlihat tajam dan kotak. Sementara dari sisi warna, iPad Mini 6 memiliki warna yang mirip dengan generasi sebelumnya, yakni purple, pink, starlight, dan space gray. Selain itu, iPad Mini 6 juga telah didukung fitur Touch ID yang letaknya kini di atas tombol On/Off.

iPad Mini 6 berukuran 8.3inci dengan Liquid Retina Display. Seperti iPad Pro, iPad Mini 6 juga telah dilengkapi fitur True Tone yang dapat menyesuaikan warna display dengan tingkat kecerahan ruangan, serta dapat menghasilkan tingkat kecerahan hingga 500nits.

Perangkat ini telah menggunakan Chip A13 Bionic dengan performa CPU 40 persen lebih cepat dan GPU 80 persen lebih cepat, neural engine 2 kali lebih cepat untuk memproses pengerjaan-pengerjaan dalam aplikasi yang memerlukan machine learning.

Mentransfer data ke iPad Mini 6 juga kini 10 kali lebih cepat menggunakan USB C yang mendukung koneksi super cepat. Begitupula jika pengguna mengunduh data, iPad Mini 6 telah mendukung 5G dengan kecepatan unduh 3,5Gbps.

Sementara dari sisi kamera, iPad Mini 6 sedikit lebih maju ketimbang iPad 9 yang sama-sama baru dirilis bulan ini. Kamera belakang iPad Mini 6 beresolusi 12MP dengan focus pixels dan aperture f/1.8, sementara iPad 9 hanya dibekali kamera belakang beresolusi 8MP.

Kamera belakang iPad Mini 6 telah dilengkapi flash True Tone yang dapat menyesuaikan cahaya flashlight ketika berfoto atau mengambil video dengan tingkat kecerahan ruangan. Terdapat pula ISP baru untuk meningkatkan foto dengan smart HDR dan kemampuan untuk merekam dalam resolusi 4k.

Dari sisi kamera depan, Apple menyematkan iPad Mini 6 dengan kamera 12MP ultra wide 122 derajat field of view dan mendukung fitur Center Stage yang sebelumnya hanya dimiliki iPad Pro. Fitur tersebut dapat mendeteksi pergerakan pengguna secara dinamis dan menyesuaikannya dengan frame ketika sedang merekam video atau melakukan panggilan video.

Baca juga: Review WD My Passport SSD 1TB: Bentuk Mungil, Performa Tinggi

iPad Mini 6 dapat digunakan bersama aksesoris pendukung seperti Smart Folio Covers, Apple Pencils generasi kedua, dan sebagainya. Adapun Apple Pencil tersebut kini dapat menempel dengan teknologi seperti magnet di perangkat iPad Mini 6.

iPad Mini 6 memiliki dua macam varian, yakni varian yang hanya mendukung jaringan Wi-fi dan varian yang mendukung jaringan Wi-fi dan seluler (dengan kartu SIM). Dari sisi penyimpanan, iPad Mini 6 tersedia dengan pilihan kapasitas 64GB dan 256GB. iPad Mini 6 dijual dengan harga mulai dari US$499 (sekitar Rp7,1 juta).

Ikuti kami di