Apple Rilis iPad Generasi ke-9 Berbekal Sejumlah Peningkatan, Ada Fitur Center Stage
iPad 9/IST

Gadget

Apple Rilis iPad Generasi ke-9 Berbekal Sejumlah Peningkatan, Ada Fitur Center Stage

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - iPad menjadi salah satu gadget yang dipamerkan Apple bersama iPhone 13 pada acara California Steaming yang digelar secara virtual pada 14 September 2021. Meski tidak ada nama khusus, iPad ini disebut-sebut sebagai iPad 9 atau generasi ke-9.

Dari penampilan, iPad 9 memang terlihat seperti pendahulunya. Namun Apple telah memberikan sejumlah peningkatan dari segi spesifikasi dan fitur-fitur yang menyertainya.  

Mulai dari desainnya, iPad 9 berukuran 10,2 inci dengan retina display dan fitur True Tone yang dapat menyesuaikan warna display dengan tingkat kecerahan ruangan. Apple menyediakan dua pilihan warna untuk iPad 9, yakni Space Gray dan Silver.

Dari sisi chip, Apple telah membekali iPad 9 dengan Chip A13 Bionic yang dapat menghasilkan performa CPU, GPU, dan Neural Engine 20 persen lebih cepat ketimbang iPad generasi sebelumnya yang menggunakan Chip A12 Bionic.

Performa iPad 9 juga didukung oleh sistem operasi iPadOS 15 yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur baru. Sistem operasi ini juga dikatakan dapat  memudahkan pengguna untuk melakukan pekerjaan multitasking karena sistem dapat dengan mudah untuk meluncurkan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Baca juga: My Father My Son, Cerita Tentang Ayah dan Anak di Pulau Asing

iPad 9 telah dilengkapi dengan kamera depan ultra wide beresolusi 12MP dengan 122 derajat field of view. Sementara kamera belakang iPad 9 memiliki resolusi lebih kecil, yakni 8MP.

Baik kamera depan dan kamera belakang iPad 9 kini memiliki fitur Center Stage yang sebelumnya hanya dimiliki iPad Pro. Fitur tersebut dapat mendeteksi pergerakan pengguna secara dinamis dan menyesuaikannya dengan frame ketika sedang merekam video atau melakukan panggilan video.

Apple juga telah menggandakan kapasitas penyimpanan untuk iPad 9 dari sebelumnya 32GB menjadi 64GB. Opsi 256GB pun tersedia bagi pengguna yang menginginkan ruang penyimpanan lebih besar.

Jika terbiasa menggunakan aksesoris pendukung, Apple menyebutkan iPad 9 dapat mendukug penggunaan Smart Keyboard dan Apple Pencil generasi pertama. Adapun iPad 9 dibanderol mulai dari harga US$329 atau sekitar Rp4,9 juta, belum termasuk aksesoris tersebut.

Ikuti kami di