Nintendo Switch Kini Punya Audio Bluetooth, Pemain Bisa Pakai Headphone Nirkabel
Nintendo Switch OLED/Screenshot

Games

Nintendo Switch Kini Punya Audio Bluetooth, Pemain Bisa Pakai Headphone Nirkabel

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Pemain Nintendo Switch akhirnya bisa merasakan sensasi bermain game menggunakan headphone nirkabel alias wireless, karena Nintendo telah memperbarui perangkatnya dengan dukungan bluetooth yang memungkinkan pemain untuk menghubungkan perangkat audio.

Dibandingkan sebelumnya, Nintendo hanya menyediakan audio jack untuk menyambungkan earphone atau headphone kabel sehingga kurang praktis dan cukup tertinggal dibandingkan konsol-konsol game modern lainnya.

Meski sudah bisa menghubungkan perangkat audio berbasis bluetooth, dukungan ini masih terbatas untuk suara saja, belum termasuk microphone. Selain itu, pemain hanya dapat menghubungkan satu perangkat audio dalam satu waktu. Namun, bluetooth dapat menghubungkan satu joycon dan satu perangkat audio secara bersamaan.



Nintendo menginformasikan bahwa bluetooth akan mati secara otomatis jika pemain sedang menggunakan local wireless untuk memainkan game-game multiplayer tertentu.

Nintendo menyediakan cukup banyak slot untuk menyimpan riwayat perangkat audio yang pernah dikoneksikan, yakni hingga 10 perangkat audio dalam daftar koneksi bluetooth.

Untuk mulai menghubungkan perangkat audio, pastikan terlebih dahulu jika tidak ada lebih dari dua pengontrol nirkabel yang sedang terhubung ke sistem Nintendo Switch. Pada syarat ini, sepasang Joy-Con terhitung sebagai dua pengontrol nirkabel. Kemudian, lanjutkan langkah-langkah berikut ini.

1. Nyalakan bluetooth pada perangkat audio, lalu atur ke mode pairing
2. Buka pengaturan sistem Nintendo Switch melalui menu home
3. Pilih Bluetooth Audio, lalu klik Pair untuk mencari perangkat audio yang tersedia
4. Pilih nama perangkat audio yang muncul dan sesuai dengan perangkat yang dimaksud

Baca juga: Photoshop Punya Fitur Bernama Neural Filters, Ini Kegunaannya

Adapun waktu pencarian perangkat audio akan menyita waktu selama 10 detik, tetapi mungkin lebih lama jika perangkat audio pemain sulit ditemukan. Jika slot perangkat audio sudah penuh, pemain harus menghapus salah satunya untuk menghubungkan perangkat audio baru ke sistem Nintendo Switch.

Ikuti kami di