Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan WhatsApp Web dan Desktop
Logo WhatsApp/National Business Mirror

Teknologi

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan WhatsApp Web dan Desktop

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Karena sama-sama digunakan melalui PC, pengguna seringkali tidak dapat membedakan WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop. Padahal, WhatsApp Web dan Desktop memiliki beberapa perbedaan.

Misalnya, dari cara mengaksesnya saja sudah jauh berbeda. Kemudian jika melihat fitur-fiturnya, juga memiliki perbedaan. Berikut penjelasan selengkapnya hal-hal yang menjadi perbedaan WhatsApp Web dan Desktop.

Akses

Seperti namanya, WhatsApp Web dapat diakses melalui website atau aplikasi peramban (browser), seperti Chrome, Mozila Firefox, Microsoft Edge, dan sebagainya. Pengguna cukup mengunjungi web.whatsapp.com untuk mengaksesnya.

Sementara WhatsApp Desktop merupakan versi aplikasinya. Jadi, pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui Microsoft Store atau situs WhatsApp untuk menggunakannya, seperti WhatsApp versi ponsel yang harus diunduh melalui App Store atau Play Store.

Baca juga: Cara Main Tamagotchi di Touch Bar MacBook Pro

Meski berbeda, WhatsApp Web maupun WhatsApp Desktop memiliki cara log in yang sama. Pengguna akan diminta untuk memindai kode QR yang diberikan melalui aplikasi WhatsApp mobile. Namun, pengguna hanya dapat menggunakan salah satu versi saja, WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop, jika pengguna menggunakan PC yang sama.

Fitur

Perbedaan terbesar antara fitur WhatsApp Web dengan WhatsApp Desktop yakni terletak pada layanan telepon dan video. WhatsApp Web hanya terbatas untuk mengirim pesan teks saja. Sementara untuk melakukan panggilan telepon atau video, pengguna dapat menggunakan WhatsApp Desktop. Selain itu, tidak ada perbedaan fitur antara keduanya.

Rumus shortcut

Jika terbiasa menggunakan pintasan (shortcut), kunci untuk WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop memang sedikit berbeda. Namun tidak sulit untuk menghafalnya. Jika pengguna ingin beralih dari WhatsApp Web ke Whatspp Desktop, pengguna hanya perlu menghapus kunci alt dari seluruh rumus shortcut. Misalnya shortcut mute untuk WhatsApp Web adalah Ctrl+Alt+Shift+M, maka pengguna hanya perlu mengetik Ctrl+Shift+M untuk WhatsApp Desktop.

Shortcut tersebut juga berlaku sebaliknya jika pengguna ingin beralih dari WhatsApp Desktop ke WhatsApp Web, yakni dengan menambahkan kunci alt setelah Ctrl di setiap shortcut.

Ikuti kami di