Mau Update OS Jadi Windows 11? Cek Dulu Spesifikasi Minimumnya
Windows 11/IST

Teknologi

Mau Update OS Jadi Windows 11? Cek Dulu Spesifikasi Minimumnya

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Microsoft resmi mengumumkan Windows 11 akan resmi dirilis pada 5 Oktober 2021 dan dapat diunduh secara gratis oleh pengguna Windows dengan PC yang memenuhi spesifikasi minimum.

Lalu, seperti apa spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 11? Berikut daftar selengkapnya.

• Prosesor: 1 GHz atau lebih cepat, dengan 2 cores atau lebih pada prosesor 64 bit yang kompatibel atau System on a chip (SoC)
• Memori: 4GB RAM
• Storage: 64GB atau lebih
• Sistem firmware: EUFI, Secure Boot capable
• TPM: TPM versi 2.0
• Grafis: kompatibel dengan DirectX 12/WDDM 2.x
• Layar: >9" dengan resolusi HD (720p)
• Koneksi internet: perlu akun Microsoft dan koneksi internet untuk setup Windows 11

Selain itu, Microsoft juga memaparkan lebih banyak persyaratan sistem dan spesifikasi PC untuk upgrade Windows 11 secara lebih detail melalui tautan ini. Bagi pengguna Windows 10, disarankan melakukan upgrade sistemnya menjadi Windows 11. Sedangkan bagi pengguna Windows 7, tetap bisa melakukan upgrade, namun mungkin prosesnya cukup berat untuk perangkat pengguna.

Baca juga: Cara Mengatur Widget dan Mengubah Ikon di iOS 14

Lantas, apa yang akan pengguna dapatkan dengan meningkatkan sistem menjadi Windows 11?

Perubahan terbesar terlihat melalui tampilan layar Windows 11 yang terlihat lebih minimalis dan modern dengan tone yang cenderung kalem. Jika menu Windows biasa ditemukan di bawah kiri layar, kini menu tersebut dapat diakses di bagian tengah dengan tampilan seperti menu smartphone.

Microsoft juga memberikan fitur widget kekinian yang sempat dipopulerkan keluarga Apple di akhir tahun 2020. Demi menunjang produktifitas, Microsoft memungkinkan pengguna untuk membagi beberapa aplikasi yang sedang digunakan ke dalam 2 hingga 4 layar secara bersamaan untuk multi-tasking.

Baca juga: Perbandingan PS5 dan Xbox Series X dari Spesifikasi, Desain, dan Harga

Microsoft juga turut menyebutkan pembaruan Microsoft Store yang kini lebih banyak mendaftarkan aplikasi-aplikasi yang selama ini hanya tersedia untuk perangkat Android. Sementara dari segi performa, Microsoft mengklaim Windows 11 telah dioptimisasi untuk kecepatan, efisiensi, dan pengalaman yang lebih baik.

 

Ikuti kami di