YouTube Uji Coba Layanan Langganan Premium Lite, Harga Lebih Murah
Logo YouTube/sumber gambar: USA Today

Teknologi

YouTube Uji Coba Layanan Langganan Premium Lite, Harga Lebih Murah

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - YouTube kabarnya tengah menguji coba layanan baru yakni Premium Lite setelah pengguna forum ResetEra mengungkapkan kehadiran layanan tersebut di Belanda, Finlandia, dan Swedia.

Terungkapnya uji coba layanan Premium Lite berawal saat pengguna tersebut ingin membatalkan layanan YouTube Premium. Pengguna tersebut menjelaskan Google kemudian menawarkan layanan Premium Lite yang harganya lebih murah yakni 6,99 euro (sekitar Rp118 ribu). Di Belanda, layanan YouTube Premium dibanderol 11,99 euro atau sekitar Rp203 ribu.

sumber gambar: resetera.com

Menanggapi temuan tersebut, pihak YouTube pun mengonfirmasi kepada The Verge bahwa mereka juga menguji coba layanan Premium Lite di Belgia, Denmark, Luksemburg, dan Norwegia dengan harga yang disesuaikan dengan harga lokal.

Laman YouTube Premium Lite menyebutkan benefit yang akan didapatkan pelanggan dengan berlangganan Lite yakni video tanpa iklan dan YouTube Kids yang bisa diakses di berbagai perangkat seperti mobile, desktop, dan TV.

Baca juga: Rekomendasi Emulator PS2 untuk Android, Paling Lengkap dan Update

Adapun jika dibandingkan layanan YouTube Premium, layanan Lite tentu menawarkan lebih sedikit benefit. Pada YouTube Premium, benefit yang bisa didapatkan pengguna seperti bebas iklan ketika menonton video, mengunduh video agar bisa ditonton offline, background play (video tetap berjalan meski pengguna sedang menggunakan aplikasi lain), serta akses ke YouTube Music Premium dan YouTube Originals.

Sebagai perbandingan, layanan YouTube Premium di Indonesia cukup terjangkau yakni Rp59 ribu per bulan. YouTube juga menawarkan layanan Premium paket Student seharga Rp34.990 per bulan dan paket Family seharga Rp89 ribu per bulan.

Ikuti kami di