Cara Menyimpan Video dari YouTube Tanpa Aplikasi Tanpa Ribet
Logo YouTube/sumber gambar: TheStreet

Teknologi

Cara Menyimpan Video dari YouTube Tanpa Aplikasi Tanpa Ribet

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Ada banyak cara menyimpan video dari YouTube tanpa harus menggunakan aplikasi agar bisa ditonton secara offline. Beberapa cara yang dijabarkan di bawah ini bisa dicoba baik lewat smartphone alias HP atau melalui desktop.

Sebenarnya, YouTube sudah menghadirkan fitur Download di aplikasinya agar video yang diunduh bisa ditonton pengguna secara offline. Namun tak semua video di YouTube bisa diunduh. Kalaupun bisa diunduh, video yang diunduh hanya bisa dinikmati secara offline lewat aplikasi YouTube saja dan tidak tersimpan di galeri video smartphone pengguna.

Hal ini mungkin belum memenuhi ekspektasi sebagian pengguna yang ingin mengunduh video favorit dari YouTube dan bisa disimpan di perangkat mereka. Guna menjawab kebutuhan tersebut, saat ini ada pihak ketiga yang layanannya memungkinkan pengguna mengunduh video dari YouTube tanpa harus menggunakan aplikasi. Apa saja itu? Terus scroll sampai habis ya.

Cara menyimpan video dari YouTube tanpa aplikasi

Cara di bawah ini memanfaatkan situs pihak ketiga untuk mengunduh video dari YouTube. Ada beberapa situs yang menyediakan layanan serupa. Di bawah ini merupakan daftar situs yang bisa digunakan untuk download video dari YouTube secara gratis tanpa aplikasi.

Savefrom.net

Nama situs ini sudah cukup populer bagi yang gemar mengunduh video dari situs lain. Cara mengunduh video dari YouTube menggunakan situs ini cukup mudah. Pengguna bisa menyalin tautan (link) video yang diunduh, kemudian tempel (paste) ke kotak unduhan di Savefrom.net.

Setelah menempel tautan, pengguna sebenarnya tak perlu menekan tombol Download karena Savefrom.net akan langsung memproses tautannya agar bisa diunduh. Ada beberapa pilihan format dan resolusi yang bisa dipilih seperti MP3, WEBM, atau 3GP. Sedangkan resolusinya mulai dari 360p hingga 1080p.

Baca juga: Lewat Layanan Ini, Pemilik Kos Tak Perlu Pusing Tagih Uang Kos-kosan

Jika ingin mengunduh video YouTube dari smartphone menggunakan Savefrom.net, berikut langkah-langkahnya:

• Buka aplikasi YouTube
• Pilih video yang diinginkan > pilih Share > Copy link
• Buka browser dan kunjungi Savefrom.net, paste tautan tersebut di kotak URL
• Unduh video sesuai resolusi dan format yang diinginkan

Y2mate.com

Sama seperti Savefrom.net, pengguna cukup menyalin (copy) dan menempel (paste) tautan video YouTube yang diinginkan di situs Y2mate.com.

Setelahnya, tautan unduhan akan diproses secara otomatis. Pengguna bisa memilih beberapa format yang tersedia seperti MP4, WMV, FLV, MO, WEBM, M4V, atau 3GP. Ada juga pilihan resolusi mulai dari 144p hingga 1080p. Menariknya, pengguna juga bisa melakukan convert tautan video menjadi format audio MP3.

9convert.com

Cara menggunakannya juga sama seperti dua situs sebelumnya. Pengguna hanya perlu copy paste tautan video YouTube yang ingin diunduh ke kotak URL, lalu pilih Start. Pengguna bisa memilih format video yang diinginkan seperti MP4 atau 3GP dan resolusi yang diinginkan. Situs ini juga menyediakan opsi untuk convert tautan video menjadi format audio MP3.

Baca juga: Daftar Rekomendasi Game Offline Terbaik untuk Android

Sebagai catatan, apapun situs yang digunakan untuk mengunduh video dari YouTube, pengguna sebaiknya meminta izin kepada pemilik video. Apalagi jika video yang diunduh itu rencananya akan digunakan untuk kepentingan komersial.

Itu sebabnya tak semua video bisa diunduh langsung dari platform YouTube. Karena YouTube memberikan opsi bagi pemilik video apakah mengizinkan videonya diunduh oleh pengguna lain atau tidak. Pemilik video bisa mengaktifkan atau menonaktifkan opsi Download ini di akun YouTube mereka.

Ikuti kami di