Microsoft Resmi Umumkan Windows 11, Punya 7 Fitur Baru
Windows 11/IST

Teknologi

Microsoft Resmi Umumkan Windows 11, Punya 7 Fitur Baru

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Microsoft akhirnya resmi mengumumkan kehadiran Windows 11 yang akan menjadi penerus Windows 10. Ada beberapa fitur anyar yang ditanamkan Microsoft pada sistem operasi terbarunya itu.

Fitur baru yang dihadirkan Windows 11 cukup menarik. Mulai dari Auto HDR untuk gaming, hingga kemampuan membuka aplikasi Android. Berikut penjelasan selengkapnya 7 fitur baru yang dihadirkan pada Windows 11.

Auto HDR Gaming

Jika kamu bermain game klasik atau game non HDR di PC, Windows 11 akan secara otomatis memperbarui pencahayaan dan warna untuk memenuhi spesifikasi HDR. Fitur ini sudah hadir lebih dulu di Xbox, sehingga tak mengherankan jika kemudian hadir di PC.

Microsoft mengklaim fitur ini mampu menghadirkan auto HDR di lebih dari seribu game, termasuk Age of Empires Definitive Edition, Rocket League, Day Z, dan Doom 64.

Aplikasi Android di Microsoft Store

Kejutan paling wow di Windows 11 adalah kemampuan sistem operasi ini menjalankan aplikasi Android. Aplikasi Android bisa beroperasi di Windows 11 dengan memanfaatkan dukungan teknologi Intel Bridge yang membantu menjalankan aplikasi di sistem x86.

Berita baik lainnya, teknologi Intel Bridge juga bisa berjalan baik di prosesor berbasis AMD maupun ARM. Oh ya, saat ini aplikasi Android belum sepenuhnya terintegrasi dengan Microsoft Store. Meski begitu, pengguna bisa mencari aplikasi Android melalui Amazon Appstore.

Dari sana, pengguna bisa menjalankan aplikasi Android dari taskbar atau Start Menu. Dalam catatan kecilnya, Microsoft Store terbaru juga akan menghadirkan streaming media dari berbagai pihak seperti Disney+. Windows 11 juga mampu menayangkan konten ke TV 4K dengan koneksi nirkabel.

Desain baru

Rasanya kurang lengkap jika tak membahas desain baru di Windows 11. Pada Windows 11, posisi taskbar berada di tengah. Ini tentu berbeda dibanding versi sebelumnya yang berada di pojok kiri bawah.

Windows 11 juga menampilkan visual yang lebih lembut dengan banyak sudut membulat, transisi animasi, dan efek transparansi yang lebih halus.

Lebih cepat

Microsoft menjanjikan kecepatan yang lebih baik pada Windows 11. Misalnya seperti saat `membangunkan PC`, masuk ke Windows Hello, hingga browsing menggunakan Edge atau browser lainnya.

Untuk kebutuhan gaming, Microsoft mengungkapkan fitur baru bernama Direct Storage yang memungkinkan game mengunggah langsung aset ke kartu grafis. Secara teori, hal ini bisa mempercepat waktu loading dan rendering grafis secara instan.

Snap layouts

Snap layouts menawarkan lebih banyak opsi, termasuk mengatur tiga jendela secara berdampingan, satu jendela besar dengan dua jendela kecil yang ditaruh di samping, dan sebagainya.

Windows 11 juga akan mengingat aplikasi mana yang dibuka pengguna, dan pengaturannya di Snap Group juga tersimpan di taskbar.

Baca juga: Photoshop Punya Fitur Bernama Neural Filters, Ini Kegunaannya

Windows Widget

Hal baru dari Windows Widget di Windows 11 yakni Microsoft telah merancangnya sebagai feed berbasis AI yang telah dipersonalisasi. Widget ini menampilkan hal yang biasa ditemui seperti cuaca hingga map.

Namun Microsoft memberi perhatian khusus pada widget news feed, yang didesain berdasarkan ketertarikan pengguna. Misalnya, apakah pengguna tertarik dengan berita politik internasional, Esport, atau berita lokal.

Tablet Mode baru

Windows 11 juga menghadirkan pembaruan untuk meningkatkan pengalaman pengguna Windows Tablet. Contoh pembaruan ini seperti saat pengguna mengalihkan perangkatnya ke mode tablet, atau melepaskan perangkatnya dari keyboard. User interface Windows 11 akan berubah secara halus dengan menampilkan jarak yang lebih lebar antar ikon dan target sentuh yang lebih besar.

Mengubah ukuran dan memindahkan jendela dengan sentuhan juga menjadi lebih mudah yang didukung animasi baru. Windows 11 turut mendukung variasi gerakan layar sentuh seperti swipe tiga jari ke samping untuk memindahkan window, atau swipe tiga jari ke bawah untuk minimize window.

Ikuti kami di