Platform Cloud Mobile Game now.gg Resmi Meluncur, Ini Untungnya Buat Gamer dan Publisher
Ilustrasi bermain mobile game/IST

Games

Platform Cloud Mobile Game now.gg Resmi Meluncur, Ini Untungnya Buat Gamer dan Publisher

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Pada 4 Juni 2021, now.gg selaku perusahaan cloud mobile meluncurkan platform cloud mobile untuk para publisher game. Platform-as-a-Service (PaaS) cloud mobile now.gg ini diharapkan mampu memberikan solusi terkait isu aksesibilitas, audiensi, dan monetisasi.

Menurut pihak now.gg, hampir 40 persen dari pengguna smartphone tidak dapat mengikuti trend gaming dengan perangkat mereka. Dan 60 persen dari smartphone di pasar global adalah kelas entry level atau menengah dan tidak dapat menangani permainan dengan tingkat performa yang tinggi dan kinerja yang intensif. Selain itu, ada juga masalah penyimpanan yang turut menjadi hambatan.

Itu sebabnya, now.gg menghadirkan PaaS cloud mobile guna menjawab hambatan tersebut. Publisher game dapat menyajikan game dengan grafik yang sama serta performa yang tetap stabil terlepas dari perangkat, OS, atau kendala regional melalui cloud mobile now.gg.

Baca juga: Mirip MyHeritage, Aplikasi Ini Juga Bisa Membuat Foto Menjadi Bergerak

Komunitas game mereka juga dapat memainkan game di perangkat mobile atau OS apa pun, berbagi game yang mereka miliki secara instan di media sosial, dan pemain dapat langsung melakukan pembelian di dalam game melalui saluran pembayaran yang mereka miliki.

Karena berbasis cloud, game dapat dibagikan secara instan melalui tautan. Gamer tak perlu melakukan unduhan (download) dan instalasi sebelum memainkan game. Dengan ini, gamer bisa langsung klik tautan untuk memainkan game dan melakukan pembelian dalam aplikasi tanpa perlu mendownload. Gamer bahkan dapat bermain di aplikasi pihak ketiga seperti Discord dan Snapchat tanpa perlu harus meninggalkan platform tersebut.

"Cloud mobile menyamaratakan akses ke game mobile dengan menghilangkan semua hambatan dan persyaratan smartphone dan membawa pengalaman bermain game baru. Ini membuka era baru industri game, memungkinkan pengembang game untuk memperoleh miliaran gamers mobile baru," kata Rosen Sharma selaku CEO now.gg.

Baca juga: Aplikasi Ini Bisa Jadikan Ponsel Android sebagai Remote Layar Windows

Lebih lanjut, publisher game dapat memonetisasi pengguna baru mereka dengan cloud mobile tanpa bergantung pada kartu kredit. Menurut pihak now.gg, 45 persen dari semua pembelian online dilakukan melalui dompet digital dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 51 persen pada tahun 2024.

Pihak now.gg memberi gamer kebebasan untuk membayar melalui saluran pembayaran digital yang sudah mereka miliki di cloud, seperti dompet digital, cryptocurrency, atau web top up game. Ini akan memungkinkan publisher game untuk menarik lebih banyak pengguna baru dan juga meningkatkan margin profit mereka.

Melalui penerapan cloud prosesor server berbasis Arm®, now.gg menghadirkan pengalaman gameplay baru yang menarik bagi pengguna dan pengembang yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Dengan menyajikan game Android atau iOS Arm-native dari instace yang didukung AWS Graviton2, publisher dapat menghindari masalah ketidakcocokan backend, menghasilkan pengalaman yang lebih mulus.

Instance tersebut memberikan kinerja 40 persen lebih baik per dolar dibandingkan dengan instance x86 generasi saat ini yang sebanding, sehingga dapat mengurangi biaya hosting pengembang dan memungkinkan mereka untuk melayani lebih banyak pelanggan per instance.

Adapun beberapa game yang sudah hadir di platform ini seperti Shop Titan, AFK Arena, Raid Shadow Legend, Rise of Kingdom, dan State of Survival.

Ikuti kami di