Apa Saja yang Perlu Diperhatikan untuk Mencegah Kebocoran Data?
Ilustrasi solusi keamanan digital/sumber gambar: Investment Executive

Teknologi

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan untuk Mencegah Kebocoran Data?

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Potensi kebocoran data menjadi hal krusial yang penting diperhatikan bagi siapa saja yang menyimpan data secara digital. NTT Ltd. selaku penyedia layanan teknologi, membagikan beberapa tips yang bisa dipraktikkan guna mencegah terjadinya kebocoran data.

Menurut CEO NTT Indonesia Solutions, Hendra Lesmana, data protection merupakan sesuatu yang penting dan tak bisa dipandang dari satu sisi saja. Data protection itu sendiri mencakup desain, tool, proses, sampai orang yang mengelolanya.

Tips pertama untuk mencegah kebocoran data adalah data tersebut harus dienkripsi. Kalau pun data itu bocor, tetap tidak bisa dibaca karena terenkripsi. Hendra juga mengingatkan mengenai pengaturan privilege akun, yakni hanya orang tertentu yang diberikan wewenang untuk melakukan hal tertentu.

"Misalnya, yang ini cuma boleh lihat. Yang itu cuma boleh edit. Yang ini cuma boleh lihat, tapi enggak boleh copy. Ini harus dibarengi dengan user training, tidak boleh melakukan ABCD misalnya. Karena itu menangani data yang sensitif," jelas Hendra dalam bincang virtual belum lama ini.

Baca juga: Pelanggan 3 Indonesia Paling Sering Beli Paket Internet Ini Selama Pandemi

Hendra menambahkan, pihaknya melihat terjadinya kebocoran data itu biasanya dari manusia dan prosesnya. Itu sebabnya penting memberikan user training agar jelas mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika menangani data.

Ikuti kami di