Samsung Galaxy Book Pro Series Hadir dengan Fleksibilitas Smartphone
Samsung Galaxy Book Pro 360/IST

Gadget

Samsung Galaxy Book Pro Series Hadir dengan Fleksibilitas Smartphone

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Samsung telah sukses menggelar acara Galaxy Unpacked yang diadakan secara virtual pada 28 April 2021. Sesuai dugaan, Samsung memperkenalkan jajaran laptop barunya yang disebut Galaxy Book Pro Series. Seri tersebut mencakup Galaxy Book Pro dan Galaxy Book Pro 360.

Samsung menyebutkan Galaxy Book Pro Series merupakan seri yang akan membawa pengalaman smartphone ke PC. Dimulai dari tingkat ketebalan, bobot, masa pakai baterai, hingga port isi dayanya yang kini telah menggunakan port USB Type-C.

Galaxy Book Pro Series diklaim menjadi seri laptop yang paling tipis dan ringan yang pernah diproduksi oleh Samsung. Galaxy Book Pro dan Galaxy Book Pro 360 memiliki tingkat ketebalan 11,2 mm dengan dua opsi ukuran layar yang tersedia, yakni 13,3 inci dan 15,6 inci. Galaxy Book Pro memiliki bobot 868 gram, sementara Galaxy Book Pro 360 mencapai 1 kg.

Perbedaan tersebut mungkin dikarenakan jenis laptop Galaxy Book Pro 360 yang convertible 2-in-1 alias bisa diputar 360 derajat, seperti namanya. Meski lebih berat, Galaxy Book Pro 360 memiliki tingkat ketebalan yang menyerupai smartphone, sehingga lebih praktis dan tipis dibandingkan laptop lainnya.

Galaxy Book Pro memiliki tiga pilihan warna, yakni Mystic Pink Gold, Mystic Blue, dan Mystic Silver dengan warna two tone. Begitu pula dengan Galaxy Book Pro 360 yang juga memiliki tiga pilihan warna, yakni Mystic Silver, Mystic Bronze, dan Mystic Navy. Perbedaannya, Galaxy Book Pro 360 memiliki desain metalik penuh yang disebut Samsung menggunakan material aluminium 6000 series.

Dari segi display, kedua seri Galaxy Book Pro telah menggunakan AMOLED Display yang 30x lebih responsif, 200x lebih vivid dari LCD Screen, dan 35 persen memiliki tingkat warna lebih akurat, serta dibekali Eye Care Display yang dapat melindungi mata dengan memotong blue light hingga kurang dari 6,5 persen.

Hanya saja, Galaxy Book pro 360 memiliki display yang sedikit dibedakan dengan `Super AMOLED Display` dan diklaim memiliki sensasi layar sentuh yang sama seperti smartphone atau tablet, dan dapat dioperasikan menggunakan S Pen.

Baik Galaxy Book Pro 360 maupun Galaxy Book Pro menawarkan visual yang mengagumkan melalui AMOLED display, dan dapat dikoneksikan dengan tiga layar eksternal. Selain itu, Galaxy Book Pro Series juga menawarkan kualitas audio yang baik dengan menggunakan teknologi dari dolby atmos dan surround-sound system generasi selanjutnya.

Baca juga: Ada Dua Opsi, Begini Cara Back Up Chat di WhatsApp

Galaxy Book Pro juga dibekali Keyboard Pro yang diklaim tidak bising, lebih halus, dan memiliki tekanan yang nyaman untuk mengetik dengan refined scissor mechanism, serta lebih responsif. Selain itu, ukuran trackpad perangkat ini juga lebih luas

Dengan mempertimbangkan konferensi video yang kini telah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari, Samsung meningkatkan kualitas audio Galaxy Book Pro Series dengan dua array mics yang terletak di sebelah kiri dan kanan kamera untuk menangkap dan memperkuat suara pengguna ketika melakukan panggilan video, dan membekalkan intelligent noise cancelling untuk mendeteksi dan menghilangkan suara bising (background noise).

Dalam memproduksi Galaxy Book Pro Series, Samsung bekerja sama dengan Intel untuk menciptakan performa yang kuat, yakni dengan menggunakan platform Intel EVO yang selama ini memang diperuntukkan untuk laptop berukuran tipis dan ringan.

Intel menawarkan AI engine yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dengan masa pakai baterai yang lebih lama dengan fitur yang dapat menghilangkan suara bising lebih maksimal dan memburamkan background.

Selain itu, dukungan Intel juga disebutkan dapat memaksimalkan kecepatan dari konektivitas WiFi 6E, 5G, dan custom bluetooth enablement dengan kecepatan gigabits+. Galaxy Book Pro Series menggunakan prosesor Intel Core i3, i5, dan i7 generasi ke-11, dengan opsi i5 dan i7 yang dilengkapi Iris Xe Graphics.

Baca juga: It Takes Two, Game Co-op Tentang Suami Istri yang Disihir Menjadi Boneka

Sementara untuk opsi RAM yang tersedia yakni 8GB, 16GB, dan 32GB, serta opsi penyimpanan internal 256GB dan 512GB. Pengguna juga dapat menambahkan penyimpanan eksternal SSD hingga 2TB.

Samsung mengklaim Galaxy Book Pro Series dapat menjalankan video playback hingga 20 jam, dan digunakan untuk bekerja dan bermain game hingga 16 jam. Selain itu, dengan mengisi daya selama 30 menit, Galaxy Book Pro Series sudah dapat digunakan hingga 8 jam lamanya.

Samsung membekali Galaxy Book Pro Series dengan super-fast 65W charger untuk ukuran 15,6 inci dan 63W charger untuk ukuran 13,3 inci yang menggunakan Gallium Nitride, band gap semiconductor yang lebar yang dapat menangani tegangan yang lebih tinggi secara lebih efisien. Ukurannya juga lebih kecil dan dapat diisi daya menggunakan charger type-C seperti perangkat Galaxy lainnya.

Galaxy Book Pro Series belum dijual di seluruh negara. Di Amerika Serikat, Galaxy Book Pro mulai dijual dari harga US$999 (sekitar Rp14 jutaan), sementara Galaxy Book Pro 360 mulai dijual dari harga US$1199 (sekitar Rp17 jutaan).

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-