Facebook Gandeng Spotify Hadirkan Pemutar Audio dalam Aplikasi
Tampilan pemutar audio Spotify di aplikasi Facebook/IST

News

Facebook Gandeng Spotify Hadirkan Pemutar Audio dalam Aplikasi

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Facebook dan Spotify telah resmi mengungkap hasil kerja sama mereka yang baru saja diperkenalkan satu pekan lalu dengan sebutan Project Boombox.

Seperti yang direncanakan, proyek tersebut menghasilkan pemutar audio in-app yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu atau podcast dari Spotify tanpa meninggalkan aplikasi Facebook.

Fitur tersebut tidak seperti ketika pengguna mendengarkan musik biasa sambil menggunakan aplikasi lain, tetapi fitur tersebut memudahkan pengguna untuk mendengarkan lagu atau podcast yang dibagikan oleh pengguna lainnya di Facebook, tanpa harus beralih aplikasi seperti yang dilakukan selama ini.

Begitu pengguna memainkan lagu atau podcast yang dibagikan, sebuah pemutar musik mini akan muncul di bagian bawah aplikasi Facebook pengguna. Pemutar tersebut tidak akan hilang meski pengguna sedang aktif bersosialisasi di Facebook, seperti menggulir feed, menulis atau membaca komentar, dan sebagainya.

Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, Spotify hanya meminta pengguna untuk mengunduh aplikasi Spotify dan memastikan bahwa pengguna telah memasukkan akun. Spotify juga menyebutkan bahwa pelanggan premium dapat menikmati fasilitas penuh atas fitur tersebut, sementara pengguna gratis akan menggunakan mode shuffle dan diselingi iklan.

Baca juga: Download Wallpaper Kreatif untuk Smartphone Layar Punch Hole

Jika tidak memiliki akun Spotify, pengguna hanya dapat mendengar cuplikannya saja selama 30 detik. Fitur tersebut baru diluncurkan untuk beberapa negara yang terpilih, Indonesia merupakan salah satu negara yang termasuk dalam daftar.

Selain proyek ini, Facebook juga telah mengumumkan rencananya untuk membawa lebih banyak fitur audio yang akan ditanamkan di dalam aplikasinya, dan podcast menjadi salah satu fitur yang termasuk dalam agenda tersebut. Belum ada informasi lebih lanjut yang mengatakan apakah fitur podcast yang dimaksud saat itu juga akan didukung oleh Spotify.

Ikuti kami di