Kamera Samsung Punya Fitur Scanner Bawaan, Begini Cara Pakainya
Fitur Scan di kamera Samsung Galaxy/Screenshot

Gadget

Kamera Samsung Punya Fitur Scanner Bawaan, Begini Cara Pakainya

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Bagi pengguna Samsung Galaxy dengan versi antarmuka yang sudah mencapai UI2, bisa mencoba mencari fitur scanner bawaan yang telah disematkan pada pengaturan kamera.

Seperti namanya, fitur tersebut berguna untuk memindai (scan). Bukan untuk memindai kode QR, tetapi fitur tersebut digunakan untuk memindai dokumen, seperti sertifikat, kartu, atau foto. Dengan adanya fitur scanner bawaan, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi scanner pihak ketiga yang harus diunduh terlebih dahulu melalui Play Store atau Galaxy Store.

Caranya sangat mudah, pengguna hanya perlu memotret dokumen seperti mengambil foto biasa. Jika dokumen berhasil terdeteksi, kamera Samsung pengguna akan mengeluarkan kotak kuning yang menyesuaikan dengan ukuran dokumen, beserta tombol scan yang dapat pengguna klik jika merasa ukurannya sudah tepat.

Jika kamera tidak menunjukkan reaksi apapun, fitur scanner mungkin belum diaktifkan. Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat membuka pengaturan kamera, buka dan aktifkan Scene optimizer, lalu aktifkan opsi Document Scan.

Sebelum mengambil foto, pastikan tombol scene optimizer yang terletak di bagian bawah kanan layar telah aktif dengan indikator warna biru. Kemudian, pengguna baru bisa mulai memindai.

Baca juga: Niantic Pamerkan Masa Depan Game AR Berbasis 5G

Berdasarkan pantauan Technosightz, fitur scanner ini sebatas membantu pengguna untuk memotong foto dengan cepat agar sesuai dengan ukuran dokumen yang dipindai. Sementara untuk hasilnya terlihat seperti foto biasa, bukan seperti hasil scan. Untuk hasil terbaik, pengguna harus memotret dengan cahaya yang cukup terang, atau mengeditnya lagi.

Ikuti kami di