Melihat Fitur, Spesifikasi, dan Tujuh Varian Warna iMac
Apple iMac/IST

Gadget

Melihat Fitur, Spesifikasi, dan Tujuh Varian Warna iMac

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Satu produk Apple yang disorot dalam acara Spring Loaded adalah iMac. Dari segi desain, iMac terlihat lebih tipis dibanding versi sebelumnya, yakni 11.5 mm.

Pihak Apple menyebutkan hal tersebut berkat disematkannya chip M1 yang berhasil menggabungkan beberapa perangkat sistem yang sebelumnya berukuran besar dan terpisah-pisah. Sementara layarnya berukuran 24 inch dengan frame yang ditajamkan.

iMac mendukung 4.5K retina display yang dapat menampilkan gambar secara detail. Dibekalinya P3 wide gamut dengan miliaran warna dan tingkat kecerahan 500 nits juga memberikan warna yang lebih jelas. Serta True Tone yang dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar dengan cahaya sekitar agar gambar terlihat lebih natural.

Dengan mempertimbangkan kegiatan pengguna yang saat ini banyak menggunakan panggilan atau konferensi video, Apple meningkatkan kualitas kamera iMac dengan resolusi 1080p facetime HD camera dengan resolusi ganda dan sensor yang lebih besar untuk dapat bekerja dengan baik meski minim cahaya. Kebolehan tersebut juga berkat chip Image Signal Processor (ISP) dan Neural Engine M1.

Kecanggihan kamera iMac dilengkapi audio dengan studio quality, 3-mic array, dan beamforming untuk mengurangi noise dan fokus kepada suara pengguna. Begitu juga dengan speaker, iMac mampu menghasilkan suara yang masif seperti di atas panggung, dengan bass yang kuat dan diartikulasikan, serta mid dan high yang sangat jernih.

Perpaduan antara chip M1 dengan sistem operasi MacOS Big Sur memungkinkan pengguna mengaitkan aktivitas Mac dan iPhone dengan mudah. Jadi, apa yang pengguna kerjakan melalui iPhone juga dapat dikerjakan melalui iMac. Chip M1 mendukung fitur-fitur tersebut dengan memberikan performa yang cepat, termasuk untuk membuka aplikasi, mengedit foto dan video, bermain game, dan sebagainya.

Baca juga: Perbedaan Layar Punch Hole, Water Drop, dan Notch Pada Smartphone

iMac dilengkapi 4 port USB C dan 2 port thunderbolt untuk mentransfer data secara lebih cepat, kabel konektor magnet sepanjang 2 meter, magic keyboard, mouse, dan trackpad dengan sentuhan warna alumunium yang dicocokkan dengan warna monitor. Keyboard iMac kini telah dilengkapi tombol emoji, spotlight (search), dictation (perintah menggunakan mic), do not disturb (sleep), kunci, dan Touch ID.

iMac terbaru dibanderol mulai dari US$1299 (sekitar Rp18,8 jutaan) dengan 8-core CPU, 7-core GPU, memori internal 8GB, 256GB SSD, 2 port thunderbolt, dan magic keyboard (tanpa Touch ID). Harga tersebut hanya tersedia untuk empat pilihan warna, yakni hijau, merah, biru, dan silver.

Sementara, opsi iMac yang lebih lengkap ditawarkan Apple seharga US$1.499 (sekitar Rp21,7 jutaan) dengan 8-core CPU, 8-core GPU, memori 8GB, 256GB SSD, 2 port thunderbolt, 2 port USB 3, magic keyboard (dengan Touch ID), dan ethernet. Keduanya sudah dapat dibeli mulai 30 April 2021, namun baru tersedia pada paruh kedua di bulan Mei 2021.

Ikuti kami di