Facebook Perkenalkan Sederet Fitur Audio Baru
Logo Facebook/sumber gambar: vox.com

Teknologi

Facebook Perkenalkan Sederet Fitur Audio Baru

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Facebook akan memperbarui aplikasinya dengan berbagai fitur audio. Selain live audio chat, Facebook juga menambahkan tool untuk mengkreasikan rekaman audio dan format audio sosial baru `soundbite`, serta podcast.

Facebook memperkenalkan "sound studio" yang memungkinkan pengguna mengedit rekaman audio menggunakan tool sederhana dan mudah digunakan melalui aplikasi Facebook. Sama halnya seperti foto dan video, tool untuk mengedit audio tersebut juga dapat menambahkan trek audio, sound effect, voice effect, dan filter ke dalam rekaman suara pengguna.

Hasil rekaman tersebut dapat diunggah dalam bentuk soundbite. Facebook memperkenalkan soundbite sebagai format sosial baru dalam bentuk audio yang memungkinkan pengguna untuk membagikan klip audio pendek, misalnya anekdot, lelucon, puisi, ASMR, dan sebagainya.

Soundbite akan mengubah rekaman suara pengguna dalam bentuk kartu yang lengkap dengan caption. Pengguna lain dapat memberikan like, menyimpan (bookmarks), atau membagikan kartu rekaman tersebut. Facebook menyebutkan fitur ini masih dalam tahap uji coba hingga beberapa bulan ke depan.

Tak tanggung-tanggung, Facebook juga melengkapi jajaran fitur audio di aplikasinya dengan fitur podcast yang selama ini hanya dapat ditemukan di platform-platform khusus podcast atau musik. Fitur podcast ini nantinya juga dapat merekomendasikan podcast-podcast yang sesuai dengan minat pengguna.

Selain itu, Facebook juga menambahkan live audio chat seperti yang telah disinggungnya sejak lama. Seperti namanya, fitur ini memang seperti memadukan siaran langsung (live) dan panggilan suara grup (group call).

Baca juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Layar OLED

Biasanya, fitur live audio chat diikuti oleh sekelompok orang yang berdiskusi seputar satu minat yang sama. Fitur ini juga yang disebut Facebook cocok untuk bersaing dengan aplikasi Clubhouse.

Facebook tidak menyebutkan kapan fitur-fitur tersebut akan dirilis, namun Facebook berharap setidaknya fitur live audio chat sudah dapat dirilis di musim panas tahun ini, atau sekitar Juni 2021. Sebagai informasi, seluruh fitur tersebut terintegrasi dalam aplikasi Facebook.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-