Ekstensi Chrome Ini bisa Buat Kalimat Sorotan Jadi Tautan
Logo browser Chrome/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Ekstensi Chrome Ini bisa Buat Kalimat Sorotan Jadi Tautan

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Pengguna browser Google Chrome dengan versi 80 hingga yang terbaru kini dapat memasang ekstensi yang memungkinkan pengguna menyorot kalimat (highlight) dari sebuah halaman dan mengubahnya menjadi sebuah tautan (link).

Dengan ekstensi ini, pengguna dapat membagikan informasi lebih spesifik dalam bentuk tautan kepada pengguna lain dengan menyorot kalimat yang dimaksud. Jadi, ketika pengguna membuka tautan tersebut, pengguna akan langsung diarahkan ke kalimat yang disorot.

Seringkali, tautan biasa yang dibagikan memuat artikel dengan tulisan yang amat banyak, sehingga cukup menyita waktu untuk menemukan informasi yang dimaksud.

Untuk menggunakannya, pengguna dapat mencari ekstensi Link to Text Fragment pada menu ekstensi di Chrome Web Store. Setelah itu, pilih Add to Chrome. Pengguna hanya perlu menunggu beberapa saat hingga ekstensi berhasil terpasang secara otomatis.

Jika sudah terpasang, pengguna dapat mulai mengakses halaman apapun dan block kalimat yang ingin dijadikan tautan. Kemudian, klik kanan dan pilih Copy Link to Selected Text. Berdasarkan pantauan Technosightz, ekstensi ini menolak menghasilkan tautan untuk kalimat yang terlalu panjang, misalnya satu paragraf. Jadi, pengguna dapat memilih kalimat intinya saja.

Ekstensi ini merupakan ekstensi yang dikembangkan langsung oleh Google LLC dan sejauh ini belum tersedia di aplikasi browser lain selain Google Chrome. Namun, pengembang menyebutkan bahwa ekstensi tersebut juga akan ditambahkan ke Safari dan Mozilla Firefox di masa yang akan datang.

Ikuti kami di