Aplikasi Ini Bisa Jadikan Ponsel Android sebagai Remote Layar Windows
Contoh penggunaan aplikasi Spacedesk di laptop dan perangkat Android/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Aplikasi Ini Bisa Jadikan Ponsel Android sebagai Remote Layar Windows

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Mengendalikan aktivitas PC di layar Windows kini juga dapat dilakukan melalui perangkat Android. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Spacedesk di Windows dan Android yang berfungsi sebagai konektor antara keduanya.

Spacedesk untuk Android dapat diunduh melalui Play Store, sementara untuk Windows dapat diunduh melalui situsnya langsung. Spacedesk dapat beroperasi seperti aplikasi pada umumnya untuk perangkat Android, namun membutuhkan beberapa langkah instalasi untuk Windows. Pengguna hanya perlu mengikuti instruksinya sampai benar-benar selesai terpasang.

Jika sudah terpasang, pengguna dapat langsung membuka aplikasi Spacedesk di Windows dan Android untuk mulai menautkan. Aplikasi tersebut sebenarnya secara otomatis dapat mendeteksi perangkat Windows yang akan terkoneksi dengan ponsel, asalkan keduanya tersambung dengan IP wifi yang sama.

Namun untuk beberapa kasus, pengguna harus memasukkan IP WiFi secara manual. Pengguna dapat memeriksa nomor IP WiFi melalui pengaturan WiFi di perangkat Android pengguna atau melalui properties WiFi Windows.

Baca juga: Main Game Bareng Teman Bisa Pakai Tautan di Steam Remote Play

Jika sudah terkoneksi, pengguna dapat langsung mengendalikan layar Windows dari ponsel seperti remot. Fungsi ini cukup berguna bagi pengguna yang sedang multitasking dan tidak dapat selalu bekerja dekat dengan PC.

PC pengguna juga akan mengikuti orientasi layar ponsel. Jika layar ponsel berputar vertikal, maka layar Windows pengguna juga akan mengikuti.

Ikuti kami di