Fujitsu Perkenalkan Solusi Hospital Information System untuk Sektor Kesehatan
IST

Teknologi

Fujitsu Perkenalkan Solusi Hospital Information System untuk Sektor Kesehatan

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Dalam rangka menghadirkan solusi teknologi di sektor kesehatan, Fujitsu Indonesia telah memperkenalkan Hospital Information System (HIS) yang mampu menjawab kebutuhan transformasi digital di bidang kesehatan yang semakin dinamis.

Menurut Fujitsu Indonesia, perkembangan teknologi di era Industri 4.0 membutuhkan inovasi-inovasi teknologi yang tak hanya berfokus pada sektor tertentu. Industri kesehatan (healthcare), adalah salah satu yang membutuhkan inovasi teknologi untuk menunjang kegiatan operasional setiap harinya.

Implementasi inovasi teknologi Fujitsu Indonesia di lini kesehatan nantinya akan memangkas proses operasional rumah sakit/klinik sejak dari meja pendaftaran hingga ke bagian kasir/pembayaran.

"Transformasi digital di industri kesehatan atau healthcare dapat memberikan banyak manfaat. Akan jadi lebih efektif karena record data dapat dimanfaatkan dengan cepat dan lebih luas, efisien karena bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Artinya di sini ada penghematan dan efisiensi waktu kerja yang dapat dicapai," ujar Presiden Direktur Fujitsu Indonesia, Odi Susilo Handoko.

Pengaplikasian solusi HIS dapat menjadi jawaban bagi rumah sakit atau klinik untuk memangkas biaya operasional (OPEX), salah satunya adalah dengan mengurangi biaya data center dan server untuk mengelola data.

Pengaplikasian solusi ini nantinya akan merambah ke area penyimpanan data (cloud) dan manage services, yang akan memudahkan pasien ketika datang ke rumah sakit atau klinik.

Baca juga: Cara Kerja Under Display Camera, Inovasi Kamera Depan Smartphone

"Sejak awal datang ke rumah sakit, pasien tidak perlu mengantre lama untuk mendaftar, semua bisa dilakukan secara daring dan digital. Di sisi lain, pihak rumah sakit juga tidak perlu repot mengelola atau memikirkan ruang penyimpanan data atau rekam medis pasien yang tentu akan membutuhkan ruangan yang tak kecil bila masih dalam bentuk paper document," jelas Odi.

"Tentu dengan pengaplikasian solusi ini akan mengoptimalkan pelayanan rumah sakit atau klinik sejak dari meja pendaftaran, ruang dokter, apotek, hingga kasir. Hal ini akan meningkatkan daya saing rumah sakit/klinik karena memudahkan pasien dalam pelayanan," tambahnya.

Ikuti kami di