Spesifikasi, Fitur, hingga Harga realme 8 Pro dan realme 8
Peluncuran realme 8 Series/IST

Gadget

Spesifikasi, Fitur, hingga Harga realme 8 Pro dan realme 8

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Belum lama ini realme kembali memperkenalkan rangkaian gadget terbarunya yang kali ini merupakan seri dari smartphone flagship mereka, yakni realme 8 Pro dan realme 8.

Banyak aspek-aspek yang telah ditingkatkan dari seri sebelumnya, salah satunya yang paling signifikan ialah dari sektor kamera yang kini memiliki resolusi 108MP untuk realme 8 Pro. Berikut ulasan spesifikasi dan fitur lebih lanjut, serta harga realme 8 Pro dan realme 8.

realme 8 Pro

Desain merupakan salah satu aspek yang membedakan antara realme 8 Pro dan realme 8. realme 8 Pro hadir dengan pilihan warna Infinite Blue dan Infinite Black. Sementara realme 8 memiliki desain yang lebih futuristik dengan pilihan warna Cyber Silver dan Cyber Black.

Dibandingkan dua generasi sebelumnya, realme 8 Pro memiliki desain yang lebih tipis, yakni 8.1mm dengan bobot 176 gram. realme mengaku bahwa seri smartphone realme 8 Pro dan realme 8 memiliki desain yang paling tipis dibanding smartphone lainnya yang pernah diproduksi.

Sementara dari segi layar, realme 8 Pro menggunakan super AMOLED dengan ukuran 6.4 inci full display, lengkap dengan dukungan in-display fingerprint, always on display, tingkat kecerahan 1000 nits, sampling rate 180Hz, perlindungan mata, dan redup otomatis.

realme 8 Pro dibekali kamera beresolusi 108MP dengan sensor Samsung ISOCELL hm2 berukuran 1/1.52, serta ukuran resolusi 12000x9000. Resolusi tersebut diklaim realme sebagai piksel tertinggi yang pernah diproduksi untuk smartphone. Spesifikasi pokok lainnya, seperti ultra wide-angle, makro kamera, dan B&W juga sudah disematkan.

Kamera realme 8 Pro didukung dengan Smart-ISO yang dapat mengatur otomatis tingkat ISO kamera, dan nano pixel 9 in 1 pixel binning juga diberikan untuk meningkatkan kualitas gambar secara signifikan meskipun diambil dalam keadaan minim cahaya.

Dari segi fitur, realme 8 Pro dibekali in-sensor zoom yang dapat mengurangi bayangan jika foto diambil dengan cara diperbesar, fitur Starry Mode untuk mengambil gambar dan video langit berbintang lebih jelas, dan Tilt-shift Mode untuk mengambil gambar dan video menyerupai diorama.

Selain itu, terdapat pula fitur AI Potrait yang meliputi fitur Neon portrait untuk menciptakan efek blur dan hasil lebih dreamy, dan Dynamic Bokeh Portrait untuk menciptakan kesan motion pada hasil foto.

Untuk kamera depan, realme 8 Pro dibekali kamera beresolusi 16MP In-Display Selfie Camera dengan f/2.45 bukaan besar, 5P lens, dan sensor Sony IMX471. Lensa kamera depannya juga memiliki aperture terbesar untuk mengambil foto dalam kondisi cahaya apapun. Kamera depan realme 8 Pro sudah dilengkapi dengan fitur AI Beauty, Portrait Mode, Selfie Super Nightscape.

Tidak ketinggalan, realme juga memberikan fitur untuk mengkreasikan video dengan Dual View Video untuk merekam menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Serta Ultra Nightscape video dengan smart light detection untuk merekam video lebih baik di malam hari.

Smartphone ini menggunakan baterai 4500 mAh yang didukung 50 Watt Super Dart Charge, yang membutuhkan waktu 47 menit saja untuk satu kali isi baterai penuh, setara dengan 55 Watt Fast charge. Pihak realme mengklaim bahwa dengan baterai yang telah ditingkatkan, realme 8 Pro aman diisi ulang sambil bermain game atau menonton film.

Baca juga: Kurangi Nuansa Horror, Amnesia: Rebirth Mendapat Adventure Mode

Dari sisi jeroan, realme 8 Pro menggunakan chipset snapdragon 720G yang masih cukup unggul untuk jaringan 4G. Adapun chipset ini dapat meningkatkan CPU 10 persen GPU 75 persen, dan AI 220 persen. Performanya yang lebih cepat dan lancar juga didukung dengan UI 2.0 yang berbasis di Android 11. Selain lancar, UI 2.0 juga mudah dikustomisasi.

Terkait harga, realme 8 Pro dibanderol Rp4.499.000 dengan kapasitas penyimpanan 8GB+128GB. Pengguna dapat melakukan pre-order secara online pada 7-14 april 2021 atau secara offline pada 7-16 April 2021.

realme 8

Perbedaan signifikan antara realme 8 dan realme 8 Pro terletak pada sisi desain dan kamera. Desain realme 8 terinspirasi dari konsep sci-fi yang futuristik dengan pilihan warna yang tersedia yakni Cyber Silver dan Cyber Black. Selain itu, desainnya lebih tipis dan ringan dari realme 8 Pro, yaitu 7.99 mm dengan bobot 177 gram.

Dari segi ukuran dan layar, realme 8 memiliki spesifikasi yang sama dengan realme 8 Pro, menggunakan super AMOLED dengan ukuran 6.4 inci full display, lengkap dengan dukungan in-display fingerprint, always on display, tingkat kecerahan 1000 nits, sampling rate 180Hz, perlindungan mata, dan redup otomatis.

realme 8 memiliki kamera utama 64MP yang sudah dilengkapi dengan kamera ultra Macro 4cm, ultra wide-angle 119 derajat, serta fitur-fitur kamera yang kurang lebih sama seperti realme 8 Pro, seperti fitur Starry Night, Tilt-shift, Neon Portrait, Dynamic Bokeh, AI Potrait, dan lainnya seperti yang telah disebutkan.

Begitu juga dengan kamera depan realme 8 juga memiliki resolusi 16MP dengan UI Max Video Stabilization yang memungkinkan pengguna untuk mengambil video lebih stabil.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi dan Harga Galaxy S21, S21+, dan S21 Ultra

Aspek lain yang membedakan realme 8 dengan realme 8 Pro terletak pada kapasitas baterai dan fitur pendukungnya. Tak seperti realme 8 Pro, realme 8 hanya didukung fitur 30W Dart Charge yang mampu mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 65 menit. Adapun kapasitas baterai realme 8 yakni sebesar 5000mAh. Kapasitas tersebut memungkinkan realme 8 menjadi power bank smartphone atau produk AIoT realme lainnya.

Dari sisi jeroan, realme 8 dibekali prosesor gaming Mediatek Helio G95 yang mampu berjalan hingga 60fps dengan sistem pendingin copper liquid yang 14,4 persen lebih efektif untuk mengurangi overheat ketika bermain game.

realme 8 akan tersedia di seluruh Indonesia mulai 10 April 2021 dan dibanderol seharga Rp3.599.000 dengan kapasitas penyimpanan 8GB+128GB.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-