Microsoft Hentikan Dukungan Aplikasi Cortana untuk Android dan iOS
Microsoft Cortana/IST

News

Microsoft Hentikan Dukungan Aplikasi Cortana untuk Android dan iOS

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Sejak dirilis tahun 2015, aplikasi asisten digital Microsoft `Cortana` akhirnya resmi ditutup. Keputusan tersebut sebenarnya telah dibocorkan sejak Juli 2020 lalu, namun baru resmi dihapus dari App Store dan Play Store per 31 Maret 2021.

Satya Nadella selaku CEO Microsoft mengakui adanya kesulitan yang dihadapi perusahaan dalam bersaing dengan asisten digital lainnya. Nadella pernah mengungkapkan bahwa Microsoft tidak lagi melihat Cortana sebagai pesaing Alexa atau Asisten Google yang saat ini merupakan asisten digital terbesar. Cortana bahkan tidak mendapatkan lebih banyak daya tarik setelah sempat didesain ulang.

Namun, Cortana tidak sepenuhnya dihentikan dukungannya. Pengguna masih dapat menggunakannya di Windows atau di aplikasi Microsoft To Do jika ingin tetap mengaksesnya melalui ponsel. Jika pengguna pernah menggunakan layanan Cortana untuk membuat reminder atau list, keduanya dapat disinkronkan dan diakses melalui Windows atau dengan aplikasi Microsoft To Do.

Baca juga: Mencari Penyusup Pesawat Ruang Angkasa di Game Gnosia

Selain itu, Cortana juga tampaknya akan tetap digunakan untuk layanan Microsoft Enteprise, mengingat layanan tersebut memang diperuntukkan untuk perusahaan yang sekaligus membutuhkan asisten digital untuk menunjang produktivitas.

Ikuti kami di