Kurangi Nuansa Horror, Amnesia: Rebirth Mendapat Adventure Mode
Perbedaan Original Mode dan Adventure Mode di game Amnesia: Rebirth/IST

Games

Kurangi Nuansa Horror, Amnesia: Rebirth Mendapat Adventure Mode

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Frictional Games selaku pengembang game Amnesia baru saja menambahkan Adventure Mode untuk mengurangi nuansa horror game Amnesia: Rebirth.

Adanya mode tersebut mungkin sulit dimengerti. Karena game horror memang sudah seharusnya memiliki nuansa tegang dan menyeramkan, tetapi hadirnya mode ini justru sengaja untuk menguranginya.

Melalui kanal YouTube resmi Frictional Games, Fredrik selaku Creative Lead Amnesia: Rebirth mengungkapkan alasan kehadiran Adventure Mode.

"Kami tahu bahwa ada banyak orang yang tidak tahan dengan horror, tetapi akan menyukai aspek lain dari game seperti Rebirth. Memiliki narasi yang kuat, cerita yang menarik, lingkungan yang sejuk, dan tentunya tema yang cukup unik. Semua hal ini kami harapkan bahwa Adventure Mode akan membantu memperkenalkan ke pemain baru," jelasnya.

Amnesia: Rebirth memang memiliki gameplay dengan fitur yang cukup menegangkan, terutama dari sisi pencahayaan yang kini hanya dapat menggunakan korek api yang jumlahnya terbatas. Selain itu, adanya sanity system juga menjadikan perjalanan semakin sulit dilakukan.

Sistem ini menghadirkan karakter protagonis yang sensitif, rentan menghadapi hal-hal yang menyeramkan, dan kondisinya dapat memburuk dari waktu ke waktu.

Dengan Adventure Mode, monster-monster yang ada di dalam game tidak akan menyerang pemain secara tiba-tiba, kecuali pemain sengaja mencuri perhatian mereka untuk bertindak. Lokasi yang gelap akan dicerahkan, sehingga navigasi lebih mudah dan tidak begitu menegangkan.

Frictional Games juga menyediakan beberapa bonus game puzzle untuk mode tersebut. Secara umum, Adventure Mode masih memiliki tema dan cerita yang sama dengan Original Mode.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi dan Harga Galaxy S21, S21+, dan S21 Ultra

Sebelum Amnesia: Rebirth, Frictional Games sudah menerapkan mode dengan fungsi serupa untuk game horror yang lain, yakni Safe Mode untuk SOMA. Intinya, kedua mode tersebut tidak hanya mengurangi nuansa horror, tetapi juga membuat pemain agar tidak perlu takut gagal memainkan game tersebut.

Adventure Mode kini telah tersedia di Amnesia: Rebirth versi PC dan akan tersedia untuk PS4 dalam beberapa pekan ke depan.

Ikuti kami di