Cara Screenshot Hingga Memindahkan Media dari Nintendo Switch ke Ponsel
Ilustrasi bermain Nintendo Switch/IST

Games

Cara Screenshot Hingga Memindahkan Media dari Nintendo Switch ke Ponsel

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Nintendo tidak secara gamblang menyebutkan atau memberi petunjuk terkait cara untuk menangkap layar (screenshot) dan merekam video langsung dari konsol Switch.

Padahal, kedua fitur ini seringkali diperlukan ketika bermain game. Namun sebenarnya caranya cukup mudah. Pengguna hanya perlu menekan tombol kotak kecil yang tersedia di bagian bawah joystick sebelah kiri (atau pada bagian bawah konsol sebelah kiri untuk Switch Lite).

Untuk screenshot, pengguna dapat menekan tombol tersebut dengan cepat sebanyak satu kali. Sementara untuk merekam, pengguna dapat menekan tombol tersebut agak lama hingga muncul notifikasi di bagian atas kiri layar yang menunjukkan bahwa video telah terekam.

Adapun tombol tersebut hanya dapat merekam durasi permainan selama 30 detik terakhir saja. Jadi, pengguna harus mengira-ngira sendiri sejauh mana bagian permainan yang ingin direkam karena durasinya yang terbatas.

Seluruh hasil screenshot dan rekaman game pengguna akan tersimpan di galeri Switch yang dapat ditemui di halaman utama (home). Tidak harus menggunakan kabel tambahan atau memindahkan kartu memori, seluruh media yang tersimpan di galeri Switch dapat langsung dipindahkan ke ponsel dengan koneksi WiFi. Berikut cara selengkapnya.

1. Buka galeri Switch
2. Klik foto atau video yang ingin dipindahkan
3. Pilih opsi Posting and Editing (tombol A)
4. Pilih Send to Smart Device. Pengguna dapat mengirim beberapa file sekaligus jika yang dipindahkan hanya berupa foto (multiple), namun untuk video harus satu per-satu (individually).
5. Pindai (scan) kode QR yang ditampilkan konsol dengan ponsel sebanyak dua kali. Kode QR pertama untuk menyambungkan koneksi WiFi konsol ke ponsel, kode QR kedua untuk mengakses hasil screenshot dan rekaman yang ingin dipindahkan. Namun, kode QR kedua baru dapat dipindai jika koneksi WiFi konsol dan ponsel sudah berhasil dihubungkan.
6. Pilih download.

Baca juga: Microsoft Teams Kedatangan Mode Presenter dan PowerPoint Live

Selain transfer media, hasil screenshot dan rekaman game pengguna juga dapat langsung di-posting ke Twitter dan Facebook dengan langkah-langkah yang sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Hanya saja, pengguna harus memilih opsi post pada poin keempat. Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan username dan password Twiitter atau Facebook.

Ikuti kami di