Dolby Vision HDR Bersiap Hadir di Xbox Series X dan S
Xbox Series X/sumber gambar: TechRadar

Games

Dolby Vision HDR Bersiap Hadir di Xbox Series X dan S

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Selain FPS Boost, Microsoft akan menambahkan satu fitur lagi untuk meningkatkan kualitas bermain game di Xbox Series X dan S, yakni Dolby Vision HDR.

Dolby Vision HDR disebut mampu menghasilkan tingkat kecerahan, tingkat hitam, dan kedalaman warna yang lebih tinggi dan dalam. Namun, masih banyak layar TV atau monitor yang belum mendukung kedalaman warna maksimal yang disediakan oleh Dolby Vision.

Itu sebabnya, kompatibilitas Dolby Vision untuk Xbox Series masih terbatas untuk TV tertentu saja. Selain itu, Dolby Vision juga memberikan standar HDR yang lebih baik, bahkan lebih dari HDR10.

Namun, dukungan Dolby Vision untuk Xbox Series lebih dari sebatas menggunakan TV atau monitor yang kompatibel saja. Pada kasus ini, Dolby Vision juga akan dikodekan ke dalam game. Melansir Forbes, cara implementasi tersebut berpotensi menambah bandwidth sinyal yang dikeluarkan konsol secara signifikan.

Dolby Vision sedang dalam tahap uji coba oleh tim Alpha Rings Xbox. Selain informasi yang sebelumnya disampaikan, pihak Alpha Rings juga menyebutkan beberapa game yang mendukung Dolby Vision sejauh uji coba yang telah dilaksanakan, yakni Borderlands 3, Gears 5, Halo: Master Chief Collection dan Wreckfest.

Baca juga: Xbox Series X Bisa Gunakan Memori Tambahan Hingga 1TB

Namun, Microsoft belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai waktu datangnya pembaruan yang akan menyertakan Dolby Vision untuk seluruh pengguna.

Ikuti kami di