Unravel, Petualangan Si Benang Merah yang Kumpulkan Kenangan Seorang Nenek
Unravel/IST

Games

Unravel, Petualangan Si Benang Merah yang Kumpulkan Kenangan Seorang Nenek

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Jika menyukai game teka-teki berbasis platformer seperti Little Nightmares, Unravel bisa menjadi pilihan lantaran menawarkan konsep dan gameplay serupa. Tidak horror seperti Little Nightmares, Unravel justru menawarkan konsep yang lebih cerah dan hangat.

Unravel merupakan game puzzle-platform karya Coldwood Interactive yang telah dirilis sejak tahun 2016, kemudian disusul sekuel keduanya di tahun 2018. Game ini menceritakan petualangan Yarny, makhluk kecil yang terbuat dari gulungan benang (yarn) berwarna merah. Konsep karakter Yarny ini lah yang menjadi keunggulan dari gameplay Unravel.

Seperti karakter Six di Little Nightmares, Yarny juga berukuran sangat kecil, bahkan lebih kecil dari buah apel dan kupu-kupu yang ia temui di perjalanannya. Selain itu, Yarny juga dapat membuat tali dan jembatan dengan benang merah yang melilit di tubuhnya.

Meski fungsional, benang merah tersebut akan terurai sepanjang ia berjalan. Untuk itu, pemain harus memikirkan strategi paling efektif agar Yarny tidak kehabisan benang. Jika pemain sudah memainkannya dengan benar, Yarny tidak akan kehabisan benang, karena porsi benang yang terlilit seharusnya sudah cukup sampai ke area pengisian ulang benang selanjutnya.

Petualangan Yarny tidak tanpa tujuan. Ia memulai perjalanan untuk mengumpulkan kenangan indah seorang nenek pemilik benang merah yang kesepian karena tidak lagi hidup bersama keluarganya. Kenangan tersebut berupa foto-foto masa kecil dan keluarga dari sang nenek.

Sebagaimana makna `benang merah` yang berarti mengaitkan beberapa hal menjadi satu, Yarny juga merupakan benang merah yang akan mengaitkan kenangan tersebut.

Baca juga: Mengadopsi Alien Sebagai Peliharaan di Game No Man`s Sky

Unravel memiliki tipe visual yang menenangkan dan hangat, serta dipadu dengan animasi dan grafis yang cukup mendetail. Begitupula dengan lagu yang mengiringi game tersebut juga memberikan efek tenang, sesuai dengan visual yang ditampilkan.

Jika tertarik untuk memainkannya, kedua sekuel Unravel kini dapat dimainkan melalui PS4, Xbox One, PC, dan Nintendo Switch (khusus Unravel 2).

Ikuti kami di