Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Layar OLED
Ilustrasi layar televisi/sumber gambar: CNET

Teknologi

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Layar OLED

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Sudah beberapa tahun belakangan ini, layar dengan tipe Liquid Crystal Display (LCD) perlahan mulai tergantikan dengan jenis layar baru yang dikenal dengan sebutan Organic Light Emitting Diodes (OLED).

Seperti namanya, layar OLED memang terbuat dari material organik yang dapat memancarkan cahaya. Material organik yang dimaksud yakni karbon dan hidrogen. Kedua material tersebut dapat membentuk komponen seperti lapisan film tipis yang nantinya akan diapit di antara dua konduktor pembentuk layar OLED. Lapisan film tersebut mampu memancarkan (emit) cahaya ketika diberikan arus listrik.

Tidak seperti LCD, layar OLED tidak membutuhkan lampu backlight untuk menghasilkan gambar karena materialnya yang mampu memancarkan cahaya dengan sendirinya. Itu sebabnya, layar OLED dinilai lebih efisien karena tidak membutuhkan banyak material dan dapat menghasilkan gadget atau produk dengan ukuran yang lebih tipis. Selain itu, bahan organiknya juga dinilai ramah lingkungan.

Dengan material dan cara kerja tersebut, layar OLED memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

• Memiliki kualitas gambar yang lebih baik, termasuk warna yang dihasilkan, dan kontras yang dihasilkan juga lebih tinggi. Sejauh ini, hanya layar OLED yang dapat menghasilkan warna hitam pekat seperti layar dalam keadaan mati.
• Menghasilkan waktu respon dan refresh lebih cepat
• Hemat daya
• Desain yang dapat dibentuk menggunakan layar OLED lebih fleksibel, karena sangat tipis dan elastis
• Tahan banting karena materialnya yang elastis

Baca juga: Gunakan Fitur Ini untuk Atur Warna Alis dan Bibir di Aplikasi Zoom

Layar OLED kini telah diterapkan untuk banyak produk gadget, seperti smartphones, smartwatch, smart TV, headset VR, dan perangkat lainnya yang menggunakan layar. Materialnya yang elastis dan fleksibel memungkinkan pabrik teknologi untuk menghasilkan produk-produk dengan bentuk yang lebih variatif, misalnya Samsung Galaxy Z Fold dan Samsung Galaxy Z Flip dengan layar yang dapat dilipat.

Sementara untuk kekurangannya, layar OLED saat ini masih dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Layar OLED juga diketahui memiliki masa pakai dan kurang maksimal jika terpapar sinar matahari secara langsung mengingat materialnya yang terbuat dari bahan organik.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-