Mau Transfer File dari iCloud ke Google Photos? Cuma Boleh Format Ini
Proses transfer data dari iCloud ke Google Photos/IST

Teknologi

Mau Transfer File dari iCloud ke Google Photos? Cuma Boleh Format Ini

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Pengguna Apple kini sudah bisa melakukan transfer foto atau video yang mereka simpan di iCloud ke Google Photos. Hal ini mungkin berguna bagi pengguna yang ingin berpindah dari perangkat iOS ke Android agar dapat memindahkan file sekaligus tanpa harus mengunduh dan mengunggahnya satu-persatu.

Untuk menggunakannya, pengguna dapat mengunjungi privacy website Apple, kemudian masuk ke akun Apple. Pengguna dapat memilih opsi transfer a copy of your data untuk memulai transfer data. Sebelumnya, pengguna akan diberi pilihan untuk mentransfer foto atau video saja, atau mentransfer keduanya.

Opsi transfer a copy of your data bukan memindahkan foto pengguna dari iCloud ke Google Photos. Melainkan hanya menyediakan back up foto dan video pengguna yang tersimpan di iCloud dengan menyalinnya ke Google Photos.

Perlu diketahui, Google hanya memberikan kapasitas penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB untuk satu akun. Karenanya, jika data iCloud pengguna memiliki ukuran file yang melebihi kapasitas tersebut, pengguna harus terlebih dahulu menambahkan kapasitas penyimpanan Google Photos dengan membayar biaya berlangganan.

Jika Google Photos pengguna sudah memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung semua foto dan video dari iCloud, proses transfer sudah dapat dilakukan. Namun, Apple menyebutkan bahwa proses transfer memerlukan waktu tiga hingga tujuh hari, tergantung dari banyaknya data.

Baca juga: Cara Kerja Under Display Camera, Inovasi Kamera Depan Smartphone

Sebagai informasi, Smart Albums, Live Photos, konten photo steam, metadata, dan RAW tidak dapat ditransfer ke Google Photos. Apple menetapkan format yang dapat ditransfer meliputi .jpg, .png, .webp, .gif, some RAW files, .mpg, .mod, .mmv, .tod, .wmv, .asf, .avi, .divx, .mov, .m4v, .3gp, .3g2, .mp4, .m2t, .m2ts, .mts, dan .mkv.

Saat ini, fitur tersebut baru dirilis untuk negara wilayah Eropa dan Amerika Serikat, Apple belum memberikan informasi lebih lanjut terkait tanggal rilisnya di negara-negara bagian Asia, termasuk Indonesia.

Ikuti kami di