Telegram Tambahkan Fitur Auto-delete dan Pembaruan Lainnya
Aplikasi Telegram/sumber gambar: Digital Trends

Teknologi

Telegram Tambahkan Fitur Auto-delete dan Pembaruan Lainnya

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Satu bulan sejak pembaruan terakhirnya, Telegram kembali memperbarui aplikasinya dengan membawa sejumlah fitur baru beserta fitur yang telah ditingkatkan.

Pada pembaruan kali ini, Telegram memberikan fitur auto-delete, widget untuk homescreen, invite link yang lebih fleksibel, dan jumlah peserta obrolan grup yang kini tidak dibatasi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Auto-delete

Tak cukup dengan fitur pesan rahasia, Telegram menambahkan fitur Auto-delete pada ruang obrolan personal dan grup. Fitur ini akan secara otomatis menghapus pesan tanpa jejak untuk semua peserta, dan dapat diatur 24 jam atau 7 hari setelah pesan terkirim. Adapun fitur ini akan menghapus pesan dengan menghitung mundur sisa waktu yang ada, seperti timer. Hanya admin grup yang dapat mengaktifkan dan memodifikasi timer tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur Auto-delete di Android, ketuk (⋮) > Hapus Riwayat (Clear History), lalu pilih durasinya. Sementara untuk pengguna iOS, tekan dan tahan pesan, ketuk Pilih (select) > Hapus Obrolan (Clear Chat) di bagian kiri atas > Aktifkan Hapus Otomatis (Enable Auto Delete), lalu pilih durasi.

Widget Homescreen

Seperti aplikasi perpesanan lain, Telegram juga menghadirkan widget untuk ditambahkan ke homescreen agar pengguna dapat mengakses Telegram lebih cepat. Telegram memberikan dua opsi widget, yakni Chat Widget yang dapat menampilkan pratinjau pesan dan Widget Shortcut yang hanya akan menampilkan nama dan profil teman mengobrol pengguna.

Untuk Android, daftar pesan atau obrolan yang ditampilkan di widget akan selalu diperbarui berdasarkan notifikasi pesan yang masuk, dan pengguna dapat memperluas ukuran widget sesuai dengan ruang yang tersedia di homescreen pengguna. Untuk iOS, widget hanya akan diperbarui sesekali dan tidak dapat diperluas ukurannya karena batasan sistem.

Invite Link lebih fleksibel

Invite link atau tautan undangan merupakan salah satu fitur yang dapat memudahkan pengguna untuk mengundang pengguna lain ke dalam obrolan grup. Lebih fleksibel, tautan undangan kini dapat diatur durasi aksesibilitasnya dan jumlah penggunaannya. Misalnya, tautan undangan hanya dapat diakses selama tiga hari dan dapat digunakan sepuluh kali klik.

Tautan undangan apapun dapat diubah menjadi Kode QR yang dapat dipindai dan diletakkan di objek lain, seperti brosur atau foto. Selain itu, pengguna juga dapat melihat anggota mana yang bergabung menggunakan tautan undangan, untuk mengetahui dari mana anggota baru berasal.

Unlimited members

Telegram selama ini membatasi jumlah anggota untuk obrolan grup maksimal 200 ribu anggota. Jika pengguna memiliki komunitas yang sangat besar dengan lebih dari 200 ribu anggota, pengguna dapat mengubah obrolan grup menjadi Broadcast Group dengan jumlah anggota yang tidak terbatas.

Namun sesuai dengan namanya, broadcast, maka hanya admin yang dapat mengirim pesan di ruang obrolan tersebut. Sementara anggota lain dapat berkomunikasi dengan voice chat. Opsi untuk mengubah broadcast group akan diberikan jika jumlah anggota yang terdaftar sudah mencapai 200 ribu.

Baca juga: Google Umumkan Lima Fitur Baru untuk Android, Apa Saja Itu?

Selain empat fitur yang telah disebutkan, Telegram juga memberikan peningkatan untuk fitur Import Chat yang baru saja dibawanya satu bulan lalu. Telegram akan mengurutkan pesan yang diimpor berdasarkan tanggal aslinya jika ditambahkan ke ruang obrolan baru atau ruang obrolan dengan kurang dari seribu pesan.

Sistem report juga turut ditingkatkan, kini pengguna dapat menambahkan komentar atau pesan sebelum mengirimkan report. Berbagai emoji animasi baru juga ditambahkan bersama dengan pembaruan ini. Keempat fitur tersebut beserta peningkatan lainnya kini telah meluncur untuk seluruh pengguna Telegram, pengguna hanya perlu memperbarui aplikasi Telegram melalui Play Store atau App Store untuk menggunakan fitur tersebut.

Ikuti kami di