Sony Janjikan Pembaruan Pada PlayStation VR Generasi Kedua
PlayStation VR/IST

Gadget

Sony Janjikan Pembaruan Pada PlayStation VR Generasi Kedua

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Sony telah mengumumkan akan merilis headset berbasis virtual reality (VR) generasi terbaru pada tahun 2022 sebagai aksesoris pendamping PS5. Headset VR tersebut merupakan generasi kedua setelah generasi pertama dirilis pada tahun 2016.

"Hari ini dengan senang hati saya sampaikan bahwa sistem VR generasi berikutnya akan hadir di PlayStation 5, yang memungkinkan untuk memberikan pengalaman hiburan terbaik dengan lompatan dramatis dalam kinerja dan interaktivitas," jelas Hideaki Nishino selaku Senior Vice President, Platform Planning & Management Sony Interactive Entertainment.

Sebagai informasi, PlayStation VR merupakan salah satu aksesoris yang dapat meningkatkan pengalaman bermain seakan berada di dalam game tersebut. Sistem PlayStation VR bekerja dengan cara mengeluarkan gambar ke headset PlayStation VR dan televisi secara bersamaan. Televisi mencerminkan gambar yang ditampilkan pada headset VR tersebut, atau menampilkan gambar terpisah untuk permainan kompetisi atau co-op.

Namun, tidak semua judul game PlayStation kompatibel dengan headset VR. Hanya judul-judul yang sudah didukung saja, seperti No Man`s Sky, Iron Man, Astro Bot Rescue Mission, Hitman 3, Resident Evil 7: Biohazard, dan masih banyak lagi. Pemain dapat melihat selengkapnya dengan mengetuk tautan ini.

PlayStation VR generasi terbaru nantinya akan terhubung ke PS5 dengan satu kabel demi menciptakan pengaturan yang lebih sederhana dan memberikan kemudahan ketika digunakan. Selain itu, fitur PlayStation VR generasi terbaru juga disebut akan terhubung dengan fitur utama kontroler PS5, DualSense.

"Salah satu inovasi yang sangat kami sukai adalah pengontrol VR baru kami, yang akan menggabungkan beberapa fitur utama yang terdapat di pengontrol nirkabel DualSense dengan fokus ergonomi yang hebat. Itu hanyalah salah satu contoh teknologi future-proof yang kami kembangkan agar sesuai dengan visi kami untuk pengalaman dan game VR generasi baru," jelasnya.

Baca juga: Mengadopsi Alien Sebagai Peliharaan di Game No Man`s Sky

Meskipun PS5 telah diluncurkan sejak tahun 2020, Nishino mengatakan alasan dirilisnya VR PS5 di tahun 2022 karena masih banyaknya pengembangan yang harus dilakukan. Dalam penutup postingan blognya, Nishino menjanjikan VR generasi terbaru dapat memberikan realitas virtual sebagai media agar game menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Jika ingin mencicipi sensasi bermain game PlayStation menggunakan headset VR lebih awal, pemain dapat membeli PlayStation VR generasi pertama yang kini dibanderol seharga Rp5 jutaan di pasaran.

Ikuti kami di