Google Umumkan Lima Fitur Baru untuk Android, Apa Saja Itu?
Android 11/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Google Umumkan Lima Fitur Baru untuk Android, Apa Saja Itu?

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Google telah mengumumkan beberapa pembaruan yang akan datang untuk perangkat Android versi 7 hingga yang paling terbaru. Setidaknya adanya lima fitur baru untuk perangkat ponsel Android dan satu peningkatan untuk Android Auto.

Melalui blog resmi Google, Hideaki Oshima selaku Product Manager Android tidak menyebutkan dengan jelas kapan fitur-fitur tersebut akan hadir untuk seluruh perangkat Android yang kompatibel. Namun Oshima lebih dulu menjelaskan gambaran masing-masing fitur baru yang telah dirangkum dalam poin-poin berikut.

Password checkup

Pengguna Android dapat menyimpan password di akun Google dan memasukkannya otomatis ketika hendak log in dengan fitur Autofill, atau isi password otomatis. Sama halnya dengan fitur remember password Google Chrome, Autofill juga dapat secara otomatis memasukkan password pengguna demi akses log in yang lebih cepat.

Fitur tersebut akan dilengkapi dengan password checkup yang dapat memberitahu pengguna jika kata sandi yang digunakan telah dibuka sebelumnya. Jika terdapat kredensial, Google akan memperingatkan dan memandu pengguna untuk memeriksa sandi dan mengubahnya.

Schedule message

Android meningkatkan cara berkomunikasi pengguna dengan meluncurkan jadwal pengiriman pesan untuk ponsel yang menjalankan Android 7 dan yang lebih baru. Fitur ini cukup bermanfaat bagi pengguna yang ingin berkomunikasi dengan kerabat yang berada di zona waktu lain atau karena terhalang jadwal yang berbeda.

Cukup tulis pesan seperti biasa, lalu tahan tombol kirim untuk memilih tanggal dan waktu untuk mengirim pesan. Namun, fitur ini hanya berfungsi untuk aplikasi Messages milik Google LLC dan telah tersedia di Play Store.

Baca juga: Activision Boyong Crash Bandicoot 4 ke PS5, Xbox Series, dan Switch

Gunakan aplikasi TalkBack tanpa melihat layar

Aplikasi Talkback telah diperbarui menjadi lebih ramah bagi pengguna yang memiliki masalah penglihatan. Pengguna kini hanya perlu menggunakan isyarat dan lisan untuk mengakses ponsel tanpa perlu melihat layar. Google telah bekerja sama dengan komunitas tunanetra dan rabun untuk meningkatkan beberapa fitur, seperti gerakan yang lebih intuitif, menu terpadu, menu kontrol membaca baru, dan sebagainya.

Peningkatan kinerja Google Assistant

Asisten Google telah ditingkatkan untuk bekerja lebih baik, bahkan ketika ponsel pengguna sedang terkunci atau terletak agak jauh dari pengguna. Cukup ucapkan "Hai Google, setel alarm" atau "Hai Google, putar musik pop di Spotify" tanpa perlu menyalakan layar ponsel terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Asisten saat ponsel terkunci, cukup aktifkan Lock Screen Personal Results pada pengaturan Assistant.

Mode gelap untuk Google Map

Google Maps akan mendapat pembaruan mode gelap alias dark mode. Mode gelap pada Google Maps akan segera meluas ke semua pengguna Android secara global. Selain untuk mengistirahatkan mata, adanya mode gelap untuk Google Maps juga dapat menghemat masa pakai baterai, terutama ketika sedang mengemudi. Cukup buka pengaturan > tema, lalu pilih opsi Always in Dark Theme.

Baca juga: Melihat Fitur dan Banderol Harga Xbox Wireless Headset

Selain beberapa fitur baru yang telah disebutkan, Google juga turut memberikan pembaruan untuk Android Auto yang kini telah dilengkapi dengan wallpaper untuk mempersonalisasi tampilan mobil pengguna. Perjalanan lebih lama juga tidak akan membosankan dengan fitur trivia dan game yang dapat dimainkan oleh penumpang.

Berbagai pilihan shortcut juga telah disediakan untuk Android Auto demi memberikan pengguna akses yang lebih mudah. Jika mobil pengguna memiliki layar yang lebih besar, Android Auto juga dapat melakukan split screen. Serta, beberapa peningkatan pada fitur privasi.

Ikuti kami di