Samsung Perkenalkan Sensor Kamera Baru Berbekal Fitur Dual Pixel Pro
Samsung ISOCELL GN2 Sensor/IST

Teknologi

Samsung Perkenalkan Sensor Kamera Baru Berbekal Fitur Dual Pixel Pro

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Meneruskan ISOCELL GN1 yang dirilis tahun 2020 lalu, Samsung kini memperkenalkan sensor kamera baru yang disebut ISOCELL GN2. Sensor gambar ISOCELL GN2 masih beresolusi 50Mp seperti ISOCELL GN1, namun ukuran pikselnya sudah dibuat lebih besar dan telah dilengkapi fitur Dual Pixel Pro.

Samsung menyebutkan ISOCELL GN2 telah ditingkatkan dengan ukuran piksel yang lebih besar, yaitu 1,4 mikrometer (μm) dan imaging sebesar 100Mp. Adapun fitur fokus otomatis kini juga telah ditingkatkan dengan Dual Pixel Pro, teknologi pendeteksi fokus tercanggih milik Samsung saat ini.

Dual Pixel Pro disebut menggunakan dua fotodioda (photodiodes) dalam setiap piksel sensor gambar dan seratus juta agen pendeteksi fase untuk fokus otomatis yang sangat cepat.

Tidak hanya memisahkan piksel secara vertikal, Dual Pixel Pro juga menawarkan fokus semua arah dengan cara memisahkan piksel secara diagonal. Pemotongan secara diagonal tersebut memungkinkan agen pendeteksi fokus Dual Pixel Pro untuk mengenali bagian atas dan bawah bingkai dengan lebih baik.

Hal ini memungkinkan sensor mendapatkan fokus dengan cepat. Selain itu, fokus pada cahaya rendah dan fitur untuk melacak objek yang bergerak juga ditingkatkan.

Baca juga: Google Meet Punya Fitur Green Room untuk Video Conference, Apa Fungsinya?

ISOCELL GN2 diklaim dapat menghasilkan foto yang sangat detail dalam pengaturan biasa, termasuk di tempat yang minim pencahayaan seperti di dalam ruangan. Sensor dapat menyimulasikan ukuran piksel 2,8μm yang lebih besar dengan teknologi binning empat piksel untuk menyerap lebih banyak cahaya demi menghasilkan gambar yang lebih terang dan lebih tajam.

Dipadukan dengan fitur HDR, Smart ISO, dan Smart ISO Pro yang sekaligus diklaim Samsung dapat menghasilkan gambar yang lebih nyata dari sensor sebelumnya. Terutama untuk mengambil gambar-gambar seperti matahari terbenam, HDR akan membuat objek-objek yang membutuhkan kontras tinggi memperoleh hasil foto yang lebih jelas.

Sementara Smart ISO dan Smart ISO Pro bertugas untuk mengatur perolehan konversi sensor agar gambar diambil menggunakan ISO yang optimal, seperti ISO rendah untuk tempat yang terang atau ISO tinggi untuk tempat yang minim pencahayaan.

Baca juga: Gunakan Fitur Ini untuk Atur Warna Alis dan Bibir di Aplikasi Zoom

Semuanya dilakukan secara instan dan dapat disesuaikan secara otomatis dengan keadaan lingkungan sekitar objek. Selain itu, ISOCELL GN2 juga mendukung video full-HD pada 480fps atau 4K pada 120fps.

Samsung belum menyebutkan varian ponselnya yang akan disematkan sensor ISOCELL GN2. Namun yang pasti, sensor baru ini merupakan bekal untuk perangkat seluler terbarunya di masa yang akan datang.

Ikuti kami di