Melihat Fitur dan Banderol Harga Xbox Wireless Headset
Xbox Wireless Headset/IST

Gadget

Melihat Fitur dan Banderol Harga Xbox Wireless Headset

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Meski sudah beberapa tahun sejak industri game diramaikan dengan headset nirkabel, Microsoft baru memperkenalkan headset nirkabel untuk Xbox pada tahun ini. Rencananya, Microsoft akan meluncurkan headset tersebut pada 16 Maret 2021 seharga US$99 (sekitar Rp1,3 juta).

Tidak ada nama khusus yang diberikan untuk headset tersebut, hanya Xbox Wireless Headset. Dari segi fitur, Microsoft memperkenalkan Xbox Wireless Headset sebagai aksesoris audio game berkualitas tinggi dengan efek imersif yang sangat baik sehingga game benar-benar terasa hidup.

Efek imersif Xbox Wireless Headset didukung dengan teknologi suara spasial, yang termasuk Windows Sonic, Dolby Atmos, dan DTS Headphone: X untuk memberikan sensasi nyata dan presisi audio yang mengelilingi pengguna ketika sedang digunakan.

Keunggulan utama Xbox Wireless Headset lainnya yang disebutkan Microsoft ialah kualitas chat audio yang jernih dan mampu beradaptasi dengan suara di sekitar. Dengan elemen dual beamforming pada mikrofon, Xbox Wireless Headset akan fokus menangkap suara pengguna alih-alih suara bising lain di lingkungan sekitar.

Ketika pengguna tidak berbicara, mikrofon akan secara otomatis mengaktifkan fitur mute. Namun, tombol mute manual tetap tersedia jika pengguna ingin menonaktifkan sepenuhnya. Namun, beberapa fitur voice chat dikatakan hanya berlaku untuk pelanggan Xbox Game Pass Ultimate atau Xbox Live Gold.

Microsoft menyebutkan bahwa material XBox Wireless Headset menggunakan kulit PU yang lembut serta ukuran earcup yang besar dan ringan, sehingga nyaman digunakan selama berjam-jam.

Selain itu, daya tahan baterainya diklaim mampu bertahan hingga 15 jam hanya dengan mengisi ulang selama tiga jam. Namun sebagai catatan, daya tahan 15 jam itu yakni ketika headset dalam kondisi tidak sedang digunakan. Sementara jika mengisi daya headset hanya 30 menit, maka baterai bisa bertahan selama empat jam.

Baca juga: Spesifikasi PC untuk Main Call of Duty: Black Ops Cold War

Adapun dari segi desain, Xbox Wireless Headset dirancang dengan model yang sederhana, yaitu berwarna hitam matte dengan sedikit aksen hijau khas Xbox pada bagian speaker. Menariknya, Microsoft merancang mikrofon headset agar dapat disembunyikan jika sedang tidak digunakan. Sehingga memberikan kesan praktis dan tidak mengganggu penampilan jika headset sedang digunakan untuk mendengarkan musik atau menonton video.

Microsoft menyebutkan Xbox Wireless Headset dapat dihubungkan dengan konsol Xbox One, Xbox Series X dan S, PC Windows 10, dan perangkat seluler yang mendukung koneksi bluetooth.

Ikuti kami di