Adobe Tambahkan Fitur Kolaborasi untuk Photoshop, Illustrator dan Fresco
Adobe hadirkan fitur kolaborasi di aplikasi Photoshop, Illustrator, dan Fresco/IST

Teknologi

Adobe Tambahkan Fitur Kolaborasi untuk Photoshop, Illustrator dan Fresco

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Mengerjakan proyek kreatif bersama rekan kerja kini lebih mudah dengan layanan Adobe yang telah menghadirkan fitur kolaborasi. Fitur tersebut akan memberikan opsi invite to edit di aplikasi Photoshop, Illustrator dan Fresco.

Melalui opsi tersebut, Adobe memungkinkan pengguna untuk mengedit file bersama rekan, bahkan di waktu yang sama, melalui komputer, iPad atau iPhone.

Seperti platform kolaboratif lainnya, fitur ini juga menggunakan sistem cloud, kurang lebih seperti layanan Google Workplace (Google Docs, Drive, Sheets, Slides, dan sebagainya).

Selain fitur kolaborasi, Adobe juga memberikan peningkatan lain untuk Photoshop. Pengguna kini dapat menyinkronkan preset, termasuk brush, gradien, dan bahkan urutan alat tersebut. Namun, peningkatan tersebut baru dapat digunakan oleh pengguna Mac dan Windows. Sementara sinkronisasi brush baru akan hadir untuk pengguna iPad.

Adanya peningkatan dengan fitur-fitur tersebut jelas membantu para pekerja kreatif untuk bekerja lebih cepat, terutama jika bekerja dalam tim. Jadi, pengguna tidak perlu lagi menyimpan dan mengirim file mentah kepada rekan tim menggunakan platform pihak ketiga untuk berkolaborasi, tetapi cukup dengan mengakses satu platform saja.

Baca juga: Review Penggunaan AKG Y500 Wireless Selama Satu Bulan

Karena ditujukan untuk berkolaborasi, fitur ini tentu membutuhkan koneksi internet. Karenanya, sebagai bentuk antisipasi jika kebetulan tak mendapat koneksi internet, pengguna mungkin dapat mencadangkan file di PC atau iPad setiap selesai mengedit. Namun, file tersebut tidak dapat dikerjakan secara kolaborasi jika tak ada koneksi internet.

Ikuti kami di