Cara Memindahkan Kontak dari Smartphone Lama ke Smartphone Baru
Ilustrasi layar smartphone/IST

Teknologi

Cara Memindahkan Kontak dari Smartphone Lama ke Smartphone Baru

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Memindahkan kontak dari smartphone lama ke smartphone baru tak perlu menyalinnya satu persatu. Ada beberapa cara memindahkan kontak dari smartphone lama ke smartphone baru, seperti memanfaatkan layanan pihak ketiga, menggunakan kartu SIM, atau kartu SD.

Meskipun bertukar pesan kini telah menggunakan internet dan aplikasi media sosial, nomor kontak masih tetap dibutuhkan. Misalnya aplikasi perpesanan seperti WhatsApp pun masih membutuhkan nomor ponsel pengguna untuk bertukar pesan.

Jika belum mengetahui cara praktis memindahkan kontak dari smartphone lama ke smartphone baru, pengguna dapat mencoba beberapa opsi berikut ini. Namun, perlu diketahui bahwa setiap ponsel memiliki setelan atau pengaturannya masing-masing untuk memindahkan kontak.

Setidaknya ulasan berikut ini akan memberikan gambaran secara umum melalui pengaturan yang ada di menu kontak.

Menggunakan kartu SIM

Jika pengguna ingin tetap menggunakan kartu SIM lama di smartphone baru, pengguna dapat memilih untuk mengimpor atau menyalin kontak dari penyimpanan internal ke kartu SIM melalui pengaturan kontak. Jadi, begitu pengguna memasang kartu SIM di smartphone baru, kontak yang telah diimpor akan secara otomatis terdaftar di smartphone baru pengguna.

Opsi menyimpan kontak di kartu SIM sebenarnya sudah dapat dilakukan sejak awal ketika pengguna ingin mandaftarkan nomor baru di ponsel pengguna. Sistem ponsel biasanya akan memberikan pilihan untuk menyimpan kontak di penyimpanan internal atau kartu SIM.

Baca juga: Megaxus Luncurkan Mobile Game AyoDance Puzzles

Namun, kartu SIM itu sendiri memiliki penyimpanan yang terbatas, biasanya 200-250 kontak saja. Selain itu pengguna tidak dapat menambahkan informasi lain kepada kontak yang tersimpan di kartu SIM, seperti foto, alamat email, atau alamat rumah.

Menggunakan kartu SD

Opsi berikutnya yaitu menggunakan kartu SD. Cara memindahkannya seperti mengimpor kontak dari penyimpanan internal ke kartu SIM melalui pengaturan kontak. Hanya saja, destinasinya diubah menjadi kartu SD. Kontak-kontak yang berhasil diimpor akan tergabung dalam format file .vcf di kartu SD pengguna.

Langkah selanjutnya, pengguna hanya perlu memasang kartu SD dari ponsel lama ke ponsel baru. Kemudian, buka pengaturan kontak, pilih opsi ekspor dari kartu SD ke penyimpanan internal. Atau, pengguna dapat membuka file .vcf tadi, lalu pilih simpan (save). Dibandingkan kartu SIM, kartu SD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih sedikit, yaitu 100 kontak saja.

Melalui akun Google

Sama seperti dua opsi sebelumnya, pengguna dapat mengimpor kontak dari penyimpanan internal ke akun Google yang diinginkan melalui pengaturan kontak. Jika sudah selesai dipindahkan, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Google Contacts melalui App Store atau Play Store di smartphone baru pengguna.

Kemudian, masukkan alamat email dan password akun Google untuk melihat kontak-kontak yang telah diimpor dari smartphone lama.

Baca juga: Ini Enam Rekomendasi Game Offline Terbaik untuk Android

Pengguna juga dapat mengirim pesan atau menelpon langsung dari aplikasi tersebut. Sementara untuk kembali menyimpannya di penyimpanan internal, pengguna harus mengubah format file kontak menjadi .vcf terlebih dahulu melalui email dengan cara pilih/tandai kontak yang ingin diekspor, klik share, pilih Gmail. Karena sebatas ingin mengubah format file saja, pengguna dapat mengirimkan email tersebut ke alamat email pengguna sendiri (me).

Lanjutkan dengan membuka inbox Gmail pengguna, lalu save semua kontak yang telah dikirim melalui email. Meskipun sedikit memakan waktu, tetapi Google menawarkan penyimpanan kontak jauh lebih banyak dibandingkan kartu SIM dan kartu SD, yaitu hingga 25 ribu kontak.

Jika tidak ingin membuang waktu dengan menyimpannya satu persatu ke penyimpanan internal, pengguna dapat menggunakan aplikasi Google Contacts saja untuk mengakses kontak-kontak yang disimpan.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-