Cara Membuka iPhone Menggunakan Face ID Meski Pakai Masker
IST

Teknologi

Cara Membuka iPhone Menggunakan Face ID Meski Pakai Masker

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Akibat pandemi COVID-19, membuka kunci iPhone di tempat umum menggunakan Face ID menjadi lebih merepotkan. Pasalnya, pengguna harus melepas masker terlebih dahulu.

Meskipun Apple menyediakan opsi keamanan lain dengan menggunakan password, tetap akan lebih praktis dan cepat jika menggunakan Face ID. Terutama, jika pengguna memasang password yang cukup panjang demi keamanan.

Guna menjawab problem tersebut, Apple menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci iPhone meski menggunakan masker. Adapun fitur tersebut hadir bersama dengan peluncuran public beta iOS 14.5. Jadi, pastikan perangkat pengguna telah diperbarui menggunakan sistem operasi versi tersebut.

Cara kerjanya seperti Face ID biasa. Pengguna cukup mengangkat iPhone ke depan wajah, kemudian layar iPhone akan secara otomatis terbuka kuncinya. Namun, opsi membuka kunci tersebut memang diakui kurang aman. Karena tidak menutup kemungkinan jika sistem salah mendeteksi wajah, iPhone pengguna bisa saja dibuka oleh orang lain. Karenanya, opsi tersebut baru dapat digunakan jika dipasangkan dengan Apple Watch.

Seperti iPhone, Apple Watch pengguna juga sudah harus diperbarui sistem operasinya menggunakan WatchOS versi 7.4. Untuk mengaktifkannya, kunjungi opsi settings pada iPhone, pilih menu Face ID and Passcode, lalu aktifkan opsi Apple Watch. Kemudian, pengguna dapat mulai mencoba fitur tersebut.

Mulai dengan kunci layar iPhone, lalu coba buka kembali dengan mengangkat iPhone tepat ke depan wajah pengguna. Jika berhasil terbuka, Apple Watch pengguna akan menerima notifikasi yang mengatakan bahwa iPhone telah terbuka.

Baca juga: Fitur Bluetooth iOS 14.4 Bisa Ingatkan Pengguna Jika Suara Audio Terlalu Kencang

Pengguna dapat menekan tombol Lock iPhone pada notifikasi tersebut jika ternyata iPhone pengguna tiba-tiba terbuka menggunakan `Mask ID` padahal sedang tidak dalam genggaman pengguna.

Tombol tersebut akan mengembalikan iPhone dalam keadaan terkunci. Namun, untuk membukanya kembali, tidak dapat menggunakan sensor Face ID, melainkan password. Hal ini dapat mencegah iPhone pengguna dibuka oleh sembarang orang.

Ikuti kami di