Google Meet Punya Fitur Green Room untuk Video Conference, Apa Fungsinya?
Fitur Green Room di Google Meet/IST

Teknologi

Google Meet Punya Fitur Green Room untuk Video Conference, Apa Fungsinya?

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Problem umum yang biasanya terjadi saat konferensi video yakni masalah latensi, baik yang berasal dari jaringan internet, mikrofon, hingga kamera. Guna menjawab tantangan tersebut, Google Meet kini memiliki fitur baru bernama Green Room.

Melalui Green Room, pengguna Google Meet dapat melakukan pratinjau kondisi kamera, mikrofon, dan jaringan sebelum konferensi video dimulai.

Begitu pengguna hendak memulai untuk bergabung dengan meeting, Google akan menampilkan notifikasi pop up `ready to join?` dengan tombol bertuliskan `check your audio and video` di bagian bawah. Pengguna dapat menekan tombol tersebut untuk membuka Green Room dan melakukan pratinjau.

Green Room akan memperlihatkan pilihan perangkat yang dapat digunakan oleh pengguna selama konferensi video, seperti mikrofon, speaker, dan kamera. Agar dapat berfungsi dengan baik, tentunya pengguna harus memilih perangkat yang aktif. Setelah itu, tekan tombol next.

Pada jendela selanjutnya, Green Room mungkinkan pengguna untuk merekam sampel video berdurasi enam detik untuk dilakukan pratinjau dengan melihat bagaimana tampilan dan kondisi perangkat pengguna ketika konferensi video sudah dimulai.

Klip tersebut bersifat pribadi dan tidak akan disimpan. Mikrofon, speaker, kamera, dan koneksi pengguna akan diperiksa oleh sistem dan mendapatkan tanda centang hijau jika berfungsi.

Baca juga: Cegah Tamu Tak Diundang, Begini Cara Mengaktifkan Waiting Room di Platform Zoom

Namun jika terdeteksi ada masalah, Google Meet akan memberikan tips dan langkah pemecahan masalah (troubleshooting). Dengan video pratinjau tersebut, Google juga mungkinkan pengguna untuk mengatur posisi duduk atau pencahayaan ruangan jika ternyata terlihat kurang baik di kamera.

Selain Google Meet, platform konferensi video lain juga telah memberikan opsi untuk tes perangkat sebelum memulai konferensi video, tetapi umumnya tidak direkam bersama kamera. Sehingga, pengguna tidak dapat memperoleh gambaran dan menekan risiko terjadinya hambatan. Green Room kini telah tersedia untuk Google Meet versi desktop.

Ikuti kami di