Cara Shareloc di Google Maps, WhatsApp, LINE, dan Facebook
Ilustrasi Share Location/Canva

Teknologi

Cara Shareloc di Google Maps, WhatsApp, LINE, dan Facebook

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Istilah shareloc mungkin sudah tidak asing lagi di telinga pengguna. Shareloc atau share location (berbagi lokasi) adalah salah satu fitur media sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi titik lokasi kepada pengguna lainnya.

Jadi, pengguna tidak perlu menjelaskan atau mengetik secara manual jika ingin menginformasikan suatu titik lokasi. Fitur share location yang dibekali untuk media sosial biasa terhubung secara otomatis dengan layanan pemetaan web Google Maps. Begitu pengguna menerima kiriman lokasi dan membukanya, ponsel pengguna akan otomatis mengalihkannya ke aplikasi Google Maps.

Setiap media sosial, bahkan Google Maps itu sendiri memiliki setelan masing-masing untuk membagikan lokasi. Karena menjadi fitur yang jarang digunakan, banyak pengguna seringkali kagok atau bahkan tidak tahu cara melakukan shareloc.

Bagi yang belum mengetahui, berikut cara shareloc alias berbagi lokasi di Google Maps, WhatsApp, LINE, dan Facebook.

Google Maps

Sebelum menuju media sosial, ada baiknya untuk mengetahui cara shareloc menggunakan layanan peta Google Maps itu sendiri. Membagikan lokasi melalui Google Maps justru lebih mudah karena layanannya telah menyediakan berbagai opsi media sosial yang dapat dipilih untuk berbagi lokasi.

Untuk berbagi lokasi, pengguna dapat mengetik alamat lokasi pada bilah pencarian lokasi. Jika sudah menemukan lokasi yang pas, periksa kembali titiknya pada tampilan map, terutama jika pengguna sudah pernah mengunjungi lokasi tersebut. Kemudian ketuk tombol share atau bagikan di bagian kanan bawah layar, lalu pilih aplikasi yang ingin dituju (WhatsApp, Facebook, atau lainnya).

WhatsApp

Untuk membagikan lokasi melalui WhatsApp, pengguna dapat mengetuk ikon attachment yang terletak di bagian bawah sebelah kamera, kemudian pilih Location (lokasi). WhatsApp akan merekomendasikan beberapa lokasi terdekat pengguna. Jika tidak ada yang cocok, pengguna dapat mencarinya di bilah pencarian.

Selain itu, WhatsApp juga menawarkan live location, yang mana pengguna dapat membagikan lokasinya secara real-time. Bahkan ketika pengguna bergerak, titik di lokasi juga akan ikut bergerak. Jadi, teman dapat melihat lokasi pengguna secara presisi.

Baca juga: Spesifikasi PC untuk Main Call of Duty: Black Ops Cold War

LINE

Untuk membagikan lokasi melalui LINE, ketuk tanda (+) di bagian bawah kiri, lalu pilih Location (lokasi). Seperti WhatsApp, LINE juga akan merekomendasikan beberapa lokasi terdekat dari posisi pengguna. Jika tidak ada lokasi yang cocok, pengguna dapat mengetiknya sendiri di bilah pencarian.

Facebook

Share lokasi di Facebook dapat dilakukan dengan dua cara, melalui status di beranda atau melalui Facebook Messenger. Jika melalui status, pengguna dapat memulainya seperti layaknya membuat status biasa, lalu pilih opsi check in. Namun opsi ini pada dasarnya hanya menemani tulisan, foto, atau video yang pengguna bagikan. Jika ingin benar-benar membagikan lokasi di status, pengguna harus melakukannya melalui Google Maps.

Sementara untuk Facebook Messenger, pengguna dapat membagikannya dengan mengetuk empat titik di bagian kiri bawah, lalu pilih location (lokasi). Cari lokasi yang ingin dibagikan, kemudian kirim.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-