Cara Menggunakan Kamera Instan Google Translate
Fitur kamera instan Google Translate/Screenshot

Teknologi

Cara Menggunakan Kamera Instan Google Translate

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Menerjemahkan bahasa asing lewat Google Translate sebenarnya tak perlu lagi mengetik ulang tulisan yang ingin diterjemahkan. Dengan memanfaatkan fitur kamera instan Google Translate, pengguna bisa menerjemahkan hingga 88 bahasa mulai dari bahasa Arab, Inggris, Jerman, hingga Urdu.

Fitur kamera instan Google Translate ini mampu menerjemahkan teks dari gambar, poster, atau papan nama yang dijumpai di sekitar pengguna.

Cara kerjanya sederhana. Pengguna hanya perlu mengarahkan lensa kamera ke teks bahasa asing. Namun sebelumnya, pengguna harus memastikan telah mengunduh aplikasi Google Translate. Jika sudah, pengguna dapat mengikuti langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Google Translate
2. Jika perlu, pilih bahasa. Isi kolom sebelah kiri untuk bahasa yang ingin diterjemahkan dan isi kolom sebelah kanan untuk bahasa yang dipahami.
3. Pilih ikon kamera yang terletak di bawah kolom bahasa
4. Pilih bagian instan
5. Arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan.

Sejak awal diluncurkan, kamera instan Google Translate terus mendapatkan berbagai peningkatan. Jika sebelumnya fitur ini hanya dapat menerjemahkan antara bahasa Inggris dan bahasa lain, kini pengguna dapat menerjemahkan teks dengan bahasa asing lain. Sejauh ini, kamera instan Google Translate telah mendukung sebanyak 88 bahasa mulai dari bahasa Arab, Inggris, Yunani, Jerman, Prancis, hingga Persia. Berikut daftar selengkapnya.

Afrika 
Albania 
Arab 
Azerbaijan 
Basque 
Belarusia 
Bengali 
Bosnia 
Bulgaria 
Katalan 
Cebuano 
Chichewa 
China
Korsika 
Kroasia 
Ceko 
Denmark 
Belanda 
Inggris 
Esperanto 
Estonia 
Filipino 
Finlandia 
Prancis 
Frisia 
Galisia 
Jerman 
Yunani 
Kreol Haiti 
Hausa
Hawaii 
Hindi 
Hmong 
Hungaria 
Islandia 
Igbo 
Indonesia 
Irlandia 
Italia 
Jepang 
Jawa 
Kazakh 
Korea 
Kurdi 
Kirgiz 
Latin 
Latvia 
Lituania 
Luksemburg 
Makedonia 
Malagasi 
Malaysia 
Malta 
Maori 
Marathi 
Mongol 
Nepali 
Norwegia 
Pashto
Persia
Polandia 
Portugis 
Rumania 
Rusia 
Samoa 
Gaelik Skotlandia 
Serbia 
Sesotho 
Shona 
Sindhi 
Slovakia 
Slovenia 
Somali 
Spanyol 
Sunda 
Swahili 
Swedia 
Tajik 
Thai 
Turki 
Ukraina 
Urdu 
Uzbek 
Vietnam 
Wales 
Xhosa 
Yoruba 
Zulu
 

Selain itu, jika pengguna tidak mengetahui bahasa asing yang ingin diterjemahkan, Google Translate telah meningkatkan layanannya dengan opsi Deteksi Bahasa sebagai bahasa sumber. Kemudian, Google Translate akan otomatis mendeteksi bahasa dan menerjemahkannya.

Fitur kamera instan Google Translate juga telah dibekali teknologi Neural Machine Translation (NMT). Teknologi ini menghasilkan terjemahan yang lebih akurat dan alami, mengurangi kesalahan hingga 55-85 persen ketika menerjemahkan bahasa tertentu.

Baca juga: Ekstensi Chrome Ini Bisa Bantu Transkrip Video Meeting Berbahasa Inggris

Sebagian besar bahasa yang tersedia dapat diunduh ke perangkat pengguna, sehingga fitur tersebut dapat digunakan tanpa koneksi internet. Namun, jika terhubung koneksi internet, fitur tersebut akan otomatis menggunakan koneksi internet yang tersedia untuk menghasilkan terjemahan dengan kualitas yang lebih baik.

Ikuti kami di