Cara Memindahkan Riwayat Chat WhatsApp ke Telegram
Aplikasi Telegram/sumber gambar: Digital Trends

Teknologi

Cara Memindahkan Riwayat Chat WhatsApp ke Telegram

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Mendapat 100 juta pengguna baru per Januari 2021, Telegram menghadirkan fitur baru yang dapat membantu para `imigran` untuk memindahkan riwayat chat dari aplikasi perpesanan sebelumnya, seperti WhatsApp misalnya.

Melalui blog resminya, Telegram menyebutkan jenis dokumen dan deretan aplikasi perpesanan yang dapat diimpor riwayat chatnya menggunakan Telegram.

"Mulai hari ini, semua orang dapat membawa riwayat obrolan mereka - termasuk video dan dokumen - ke Telegram dari aplikasi seperti WhatsApp, LINE, dan KakaoTalk. Ini berfungsi baik untuk obrolan individu dan grup," bunyi keterangan pihak Telegram.

Cara memindahkan riwayat chat dari WhatsApp ke Telegram cukup mudah. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengguna iOS

• Buka halaman Contact Info atau Group Info yang dapat ditemukan pada bagian atas ruang obrolan WhatsApp
• Pilih Export Chat
• Pilih Telegram di menu Share

Sebagai informasi, pengguna iOS juga dapat mengekspornya langsung melalui daftar chat WhatsApp dengan menggeser ke kiri chat yang dipilih, lalu klik Export Chat.

Pengguna Android

• Buka ruang obrolan WhatsApp yang ingin dipindahkan
• Ketuk (⋮) di bagian kanan atas > Lainnya (more) > Ekspor Obrolan (export chat)
• Pilih Telegram di menu Bagikan (share)

Pesan yang diimpor akan sekaligus disertakan stempel waktu aslinya, baik diimpor hari ini atau di waktu-waktu lain.

Baca juga: Ada Dua Opsi, Begini Cara Back Up Chat di WhatsApp

Selain itu, Telegram juga turut membawa pembaruan lain, yakni fitur menghapus riwayat chat tanpa jejak untuk kedua partisipan. Jadi, ruang obrolan yang terhapus di Telegram pengguna pertama juga akan otomatis terhapus di Telegram pengguna kedua. Fitur ini bersifat opsional, pengguna dapat menghapusnya untuk Telegram pengguna saja atau untuk kedua partisipan.

Saat ini, pengguna juga dapat melihat grup mana yang memiliki Obrolan Suara (Voice Chats) aktif melalui halaman Riwayat Panggilan di bagian atas. Adapun Telegram telah meningkatkan fitur tersebut agar pengguna juga dapat menyesuaikan volume masing-masing peserta untuk mengelola level mikrofon.

Fitur pemutar audio juga turut ditingkatkan. Jika pengguna ingin mempercepat atau mengulang pemutaran audio, cukup tekan dan tahan tombol Berikutnya (next) atau Sebelumnya (previous) untuk mempercepat atau mengulang audio dengan cara yang lebih praktis. Selain itu, Telegram juga menambahkan efek fade ketika menjeda dan melanjutkan musik.

Pembaruan lainnya yang dibawa Telegram bersamaan dengan beberapa fitur di atas seperti greeting sticker untuk memulai obrolan, animasi untuk Telegram versi Android yang telah diperbarui, membuat laporan akun palsu, dan peningkatan pada sektor stabilitas.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-