Fitur Bluetooth iOS 14.4 Bisa Ingatkan Pengguna Jika Suara Audio Terlalu Kencang
IST

Teknologi

Fitur Bluetooth iOS 14.4 Bisa Ingatkan Pengguna Jika Suara Audio Terlalu Kencang

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Setelah melalui rangkaian uji beta, iOS 14.4 akhirnya mulai diluncurkan untuk seluruh pengguna iPhone dan iPad dengan perangkat yang kompatibel. Pada pembaruan kali ini, Apple hanya membawa sedikit peningkatan dan sejumlah perbaikan bug.

Apple mencatat iOS 14.4 telah ditingkatkan dengan opsi untuk mengklasifikasikan jenis perangkat audio bluetooth (wireless device) yang terpasang pada iPhone/iPad pengguna. Mengutip 9to5mac, Apple menyebutkan opsi tersebut menawarkan dua fungsi utama.

Pertama, mengidentifikasi perangkat pengguna dengan benar, agar notifikasi audio yang diberikan dapat berfungsi lebih baik. Kedua, memastikan pengukuran tingkat audio headphone pengguna cukup akurat berdasarkan jenis perangkatnya.

Jadi, iPhone/iPad akan mengirimkan peringatan jika pengguna mendengarkan sesuatu pada tingkat yang dapat merusak indra pendengaran seiring waktu. Fungsi ini dapat disebut pemantauan audio bluetooth (bluetooth audio monitoring).

Adapun deteksi tingkat audio headphone yang bermanfaat untuk membantu mencegah gangguan indra pendengaran tersebut pertama kali diperkenalkan pada iOS 13 dan watchOS 6. Sedangkan pada iOS 14.4, kemampuan tersebut ditambah dukungan klasifikasi perangkat audio bluetooth dalam lima kategori, yaitu car stereo, headphone, hearing aid, speaker, dan opsi other.

Baca juga: Seputar Snapdragon 888, Prosesor Canggih Terbaru dari Qualcomm

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna dapat mengklasifikasikan terlebih dahulu perangkat audio yang terpasang pada bluetooth iPhone/iPad mengguna. Misalnya, perangkat dengan nama `CAR KIT` diklasifikasikan ke dalam kategori car stereo, atau `My AirPod` ke dalam kategori headphones, dan sebagainya. Pengguna dapat mengikuti cara berikut ini untuk mengklasifikasikannya.

1. Pastikan pengguna telah memperbarui iPhone/iPad ke iOS 14.4
2. Buka Pengaturan > Bluetooth
3. Ketuk ikon (i) di samping nama perangkat bluetooth yang telah terhubung
4. Ketuk Jenis Perangkat/Device Type
5. Pilih label (car stereo, headphone, hearing aid, speaker, other)

Dengan begitu, iPhone/iPad dapat menjalankan fungsi pemantauan audio berdasarkan jenis perangkatnya. Selain itu, Apple juga turut memperbarui iOS 14.4 dengan kemampuan kamera yang kini dapat memindai kode QR berukuran kecil.

Ikuti kami di