Chrome 88 Mudahkan Pengguna Kelola dan Ubah Password
Logo browser Chrome/TECHNOSIGHTZ

Teknologi

Chrome 88 Mudahkan Pengguna Kelola dan Ubah Password

Farah Diba Agustine

TECHNOSIGHTZ.COM - Google telah merilis pembaruan peramban Chrome 88 untuk Windows, Linux, dan Mac dengan fitur keamanan baru.

Fitur ini sangat berguna jika pengguna terbiasa menyimpan kata sandi akun secara built-in di Chrome dengan memilih opsi ingat kata sandi. Walaupun metode tersebut sebenarnya tidak begitu disarankan.

Pada pembaruan kali ini, Chrome memungkinkan pengguna untuk memeriksa jika kata sandi yang terdaftar lemah, alias kurang aman. Kata sandi yang lemah biasanya dibuat dengan mencantumkan tanggal lahir atau karakternya tidak bervariasi. Sementara kata sandi yang kuat dibuat dengan karakter yang variatif, misalnya t3cHn0s!GhtZ. Jadi, lebih sulit ditebak dan diikuti orang lain.

Untuk memeriksanya, klik gambar profil pengguna di bagian kanan atas peramban, lalu pilih ikon kunci. Halaman tersebut akan menampilkan daftar media sosial atau platform lain yang kata sandinya disimpan secara built-in di Chrome. Dari seluruhnya yang terdaftar, beberapa di antaranya mungkin terdeteksi lemah. Pengguna dapat menemukannya di menu periksa kata sandi atau check password.

Adapun cara lain untuk mengunjungi halaman fitur tersebut adalah dengan mengetik chrome://settings/passwords di bilah alamat (address bar), kemudian tekan enter. Chrome akan langsung mengarahkan pengguna ke halaman check password.

Baca juga: Ekspansi Terbaru The Sims 4 Mungkinkan Pemain Berkomunikasi dengan Arwah

Selain fitur keamanan, Google juga memperbarui Chrome 88 dengan mode gelap yang terhubung dengan pengaturan Windows 10. Jadi, jika pengguna mengaktifkan mode gelap di Windows 10, beberapa halaman Chrome juga akan otomatis mengaplikasikan mode gelap.

Belum semua fitur diluncurkan, beberapa di antaranya masih dalam tahap uji coba. Tetapi pengguna dapat mencobanya lebih awal dengan mengetik chrome://flags/ di bilah alamat. Halaman flags akan memuat daftar fitur yang masih dalam pengembangan, namun sudah dapat digunakan jika pengguna memilih untuk mengaktifkannya.

Ikuti kami di