Review Lengkap Tecno Spark 6 Go: Performa, Kamera, hingga Fitur
Tecno Spark 6 Go/TECHNOSIGHTZ

Gadget

Review Lengkap Tecno Spark 6 Go: Performa, Kamera, hingga Fitur

Dgs

TECHNOSIGHTZ.COM - Pada awal Desember 2020, Tecno Mobile yang merupakan pabrikan smartphone asal Tiongkok telah resmi memperkenalkan model pertamanya untuk pasar Indonesia yakni Tecno Spark 6 Go.

Meski masuk kelas entry level, fitur dan spesifikasi yang ditanamkan pada Spark 6 Go boleh dibilang cukup oke. Setidaknya ada tiga poin unggulan pada Spark 6 Go yakni dari sisi kamera, baterai, dan sejumlah fitur menarik untuk smartphone entry level.

Di Indonesia, smartphone ini ditawarkan dalam tiga varian RAM dan kapasitas penyimpanan yakni 2GB+32GB, 3GB+64GB, dan 4GB+64GB. Penjualan perdananya sudah dilakukan melalui program flash sale marketplace Shopee, dan ludes terjual. Harganya mulai dari Rp1.199.000 untuk varian 2GB+32GB, hingga Rp1.699.000 untuk varian 4GB+64GB.

Lalu, bagaimana rasanya mencoba smartphone ini? Berikut ulasannya.

Desain

Spark 6 GO mengusung desain yang menampilkan adanya kesan tekstur pada cover belakangnya. Desain ini memberikan kesan elegan, dan tak terlihat seperti smartphone berbanderol Rp1 jutaan. Di bagian belakang ini juga terdapat cetakan Techno Spark yang bisa dirasakan ketika diraba dengan tangan.

Lingkaran dual camera Spark 6 Go berjejer rapi secara vertikal, yang di antaranya terselip lampu flash. Sedangkan di bagian tengah atas bagian belakang smartphone, sudah tersemat sensor sidik jari yang juga bisa dimanfaatkan sebagai perintah untuk menjepret foto.

Hal menarik lainnya dari desain Spark 6 Go ini yakni peletakan speaker di kiri bawah bagian cover belakang. Biasanya, penempatan speaker smartphone sejajar dengan port USB untuk mengisi ulang daya. Namun Spark 6 Go memilih menempatkannya di bagian belakang.

Keuntungan dari penempatan speaker di bagian belakang ini yakni pengguna tak perlu khawatir speaker tertutup jari secara tak sengaja ketika menonton video atau memainkan game dengan format landscape.

Lanjut ke bagian bawah, Spark 6 Go menggunakan port microUSB 2.0 untuk mengisi ulang daya maupun transfer file. Tak lupa port 3.5mm jack juga sudah tersedia di smartphone ini jika pengguna ingin mendengarkan suara lewat earphone. Sebagai informasi, setiap pembelian Tecno Spark 6 Go sudah mendapatkan earphone di dalam dusnya.

Display

Tecno Spark 6 Go menggunakan layar LCD berukuran 6,52 inci dengan resolusi 720x1600 pixel dengan rasio 20:9 yang mengusung desain water drop untuk penempatan kamera depan. Desain tersebut membuat Spark 6 Go menawarkan tampilan layar yang lebih luas guna menunjang berbagai aktivitas.

Fitur standar yang disediakan untuk mengatur tampilan layar Spark 6 Go seperti pengaturan kontras dan fitur Eye Care agar mata tidak cepat lelah ketika menatap layar. Sebagai proteksi layar, Spark 6 Go menggunakan Corning Gorilla Glass 3.

Performa

Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android 10 (Go Edition) yang dibalut dengan tampilan dari HiOS versi 6.2.0. Spark 6 Go yang kami review adalah varian 2GB+32GB, yang artinya memakai prosesor Mediatek MT6761D Helio A20 (12 nm). Sebagai informasi, ada perbedaan prosesor antara varian RAM 2GB dan 3GB dengan varian 4GB. Khusus varian RAM 4GB menggunakan prosesor Mediatek MT6762D Helio A25 (12 nm).

Sedangkan bagian CPU menggunakan Quad-core 1.8 GHz Cortex-A53 untuk varian RAM 2GB dan 3GB, sementara varian RAM 4GB menggunakan CPU Octa-core 1.8 GHz. Lalu, bagaimana dengan performanya? Berikut datanya berdasarkan pengukuran menggunakan Geekbench.

Tak hanya terpaku pada pengukuran Geekbench, kami juga mencoba menjajal smartphone ini. Untuk smartphone seharga Rp1 jutaan, performa Spark 6 Go cukup memuaskan. Kami sudah mencobanya untuk digunakan bermain game, mulai dari game-game ringan hingga yang agak berat seperti Call of Duty Mobile. Gameplay bisa berjalan mulus, dan layar sentuh merespon cepat sesuai perintah jemari sehingga pengalaman bermain game terasa optimal.

Jika tak ingin kegiatan bermain game terganggu dengan berbagai notifikasi dari aplikasi lain, Spark 6 Go juga memiliki fitur Game Mode. Di sini, pengguna bisa mengatur metode notifikasi ketika sedang bermain game, apakah menggunakan Pop-up notification atau Message do not disturb. Fitur ini juga memiliki opsi Barrage notification, yang akan menampilkan pesan dari aplikasi lain dalam bentuk rentetan jika memilih Pop-up notification pada metode notifikasi.

Kinerja ini turut didukung baterai berkapasitas 5.000 mAh, sehingga pengguna bisa puas bermain game atau menonton video tanpa perlu khawatir daya baterai smartphone akan cepat habis. Baterai tersebut pun diklaim memiliki waktu standby selama 36 hari, 24 jam untuk melakukan panggilan, 19,8 jam untuk berselancar di dunia maya, 25 jam untuk menonton video, 15,6 jam untuk bermain game, dan 125 jam untuk mendengarkan musik. Namun jika mengisi ulang daya baterai ini, perlu waktu sekitar 3,5-4 jam untuk mengisi dari kondisi 0 persen hingga 100 persen. Jika sudah terisi 100 persen, smartphone ini akan otomatis memutus aliran listrik lantaran dibekali fitur Safe Charging.

Baca juga: Spesifikasi PC untuk Main Call of Duty: Black Ops Cold War

Oh ya, sedikit tambahan, jika kapasitas penyimpanan internal dirasa kurang, pengguna juga bisa menambahkan microSD hingga 256GB. Spark 6 Go memiliki tiga slot kartu yakni dua untuk nano SIM dan satu untuk microSD.

Kamera

Tecno Spark 6 GO menggunakan kamera utama 13MP dual camera yang didukung teknologi AI. Lensa AI pada smartphone ini memiliki fitur AI Scene Detection, yang diklaim dapat mendeteksi 18 jenis pemandangan berbeda dengan tingkat keakuratan 95 persen.

Saat mencoba kamera utama Spark 6 Go, peran AI memang sangat terlihat di sini. Misalnya ketika akan mengambil foto jalan dengan mode AI CAM, kamera sudah menampilkan notifikasi hasil deteksi bahwa subjek foto adalah sebuah jalan. Selain mode AI, Spark 6 Go juga memiliki beberapa mode lain seperti Beauty, Bokeh, hingga Panorama. Berikut hasil jepretan menggunakan kamera utama Spark 6 Go.

Lalu, bagaimana kamera depannya? Kamera depan Spark 6 Go memiliki resolusi 8MP dan turut didukung mode AI CAM seperti kamera utamanya. Menariknya, selain mode Beauty dan Portrait, kamera depan smartphone ini juga memiliki mode WideSelfie. Fungsinya kurang lebih seperti mode Panorama pada kamera utama, namun ini bisa digunakan untuk foto selfie. Berikut hasil jepretannya.

Fitur

Meski berbanderol Rp1 jutaan, Tecno Spark 6 Go tetap dibekali beberapa fitur menarik. Selain Game Mode seperti yang telah dijelaskan di atas, Spark 6 Go juga memiliki berbagai fitur lain sebagai berikut.

Screenshot menggunakan swipe down

Tak perlu repot menekan tombol power dan volume down secara bersamaan, pengguna bisa lebih mudah menangkap layar (screenshot) menggunakan tiga jari dengan melakukan swipe down di layar. Fitur Screenshot pada Spark 6 Go juga dilengkapi Scrollshot, yang artinya pengguna bisa menangkap layar hingga ke bagian paling bawah layar.

Bike mode

Fitur ini berfungsi untuk menolak semua panggilan masuk ketika sedang berkendara. Pengguna juga bisa mengatur Auto Reply SMS ke setiap panggilan masuk yang otomatis ditolak ketika sedang berkendara. Bagi yang mengendarai sepeda motor, hal ini tentu cukup membantu untuk memberitahu lawan bicara secara otomatis bahwa pengguna masih dalam perjalanan. Fitur ini akan otomatis nonaktif setelah dua jam.

Baca juga: XBox Game Bar Bisa Deteksi Sumber Pemakaian RAM, GPU, dan CPU

Social Turbo

Bagi pengguna WhatsApp, akan terbantu dengan adanya fitur ini. Social Turbo memudahkan pengguna melakukan beberapa hal ketika menggunakan aplikasi WhatsApp, seperti menyimpan panggilan WhatsApp dalam bentuk voice recorder, meningkatkan tampilan pengguna ketika video call menggunakan WhatsApp, hingga membuat stiker. Ada juga opsi menyimpan status WhatsApp teman di local storage dan membersihkan file yang tak dibutuhkan di aplikasi WhatsApp. Fitur ini turut dibekali WhatsApp mode, yang artinya hanya aplikasi WhatsaApp yang bisa menggunakan traffic data.

Parental controls

Jika smartphone ini digunakan oleh anak, orang tua bisa memanfaatkan fitur Parental Controls yang terintegrasi dengan Google Family Link. Dengan begitu, orang tua bisa membatasi waktu ketika anak menggunakan smartphone dan menandai konten yang tak bisa diakses oleh anak.

Multi Bluetooth Audio

Fitur ini memungkinkan Spark 6 Go terkoneksi dengan dua wireless bluetooth headset atau tiga speaker pada satu waktu yang bersamaan. Artinya, pengguna bisa mendengarkan audio yang sama di dua atau tiga perangkat berbeda.

Kesimpulan

Dengan banderol Rp1 jutaan, Tecno Spark 6 Go menawarkan kinerja yang cukup memuaskan, baik digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari maupun untuk bermain game. Deretan fitur yang ditanamkan pada smartphone ini juga sangat membantu ketika beraktivitas.

Jika kamu sedang mencari smartphone dengan bujet Rp1 jutaan namun bisa mendapatkan beberapa kelebihan dari sisi kamera, performa yang cukup oke, hingga fitur yang mumpuni, maka Tecno Spark 6 Go bisa menjadi salah satu pilihannya.

Ikuti kami di

ARTIKEL TERKAIT

-